Keefektifan Pendekatan Open-Ended dan Problem Solving pada Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas VIII Di SMPN 1 Pandak Bantul Ditinjau dari Pencapaian Kemampuan Penalaran, Pemecahan Masalah, dan Komunikasi Matematis

Melianingsih, Nuning (2014) Keefektifan Pendekatan Open-Ended dan Problem Solving pada Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas VIII Di SMPN 1 Pandak Bantul Ditinjau dari Pencapaian Kemampuan Penalaran, Pemecahan Masalah, dan Komunikasi Matematis. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nuning-melianingsih-12709251024.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menentukan keefektifan pendekatan open-ended pada pembelajaran bangun ruang sisi datar ditinjau dari pencapaian kemampuan penalaran, pemecahan masalah, dan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pandak, 2) menentukan keefektifan pendekatan problem solving pada pembelajaran bangun ruang sisi datar ditinjau dari pencapaian kemampuan penalaran, pemecahan masalah, dan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pandak, dan 3) menentukan perbandingan keefektifan pendekatan open-ended dan problem solving pada pembelajaran bangun ruang sisi datar ditinjau dari pencapaian kemampuan penalaran, pemecahan masalah, dan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pandak. Penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan desain pretest-posttest nonequivalent comparison-group. Penelitian ini menggunakan dua kelompok eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Pandak yang terdiri atas delapan kelas. Dari populasi yang ada diambil sampel secara acak sebanyak dua kelas, yaitu siswa Kelas VIIIF dan siswa Kelas VIIIG sebagai sampel penelitian. Siswa Kelas VIIIF belajar dengan menggunakan pendekatan open-ended dan siswa Kelas VIIIG belajar dengan menggunakan pendekatan problem solving. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah: 1) tes kemampuan penalaran, 2) tes kemampuan pemecahan masalah, dan 3) tes kemampuan komunikasi matematis. Untuk menguji keefektifan pendekatan pembelajaran (open-ended dan problem solving), data dianalisis dengan menggunakan uji one sample t-test. Selanjutnya untuk mengetahui perbedaan keefektifan pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar dengan pendekatan open-ended dan problem solving, data dianalisis dengan menggunakan uji T2 Hotelling’s. Untuk menguji kelebihefektifan pendekatan open-ended daripada pendekatan problem solving, data dianalisis dengan menggunakan uji t-Bonferroni. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pendekatan open-ended efektif pada pembelajaran bangun ruang sisi datar ditinjau dari pencapaian kemampuan penalaran, pemecahan masalah, dan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pandak, 2) pendekatan problem solving efektif pada pembelajaran bangun ruang sisi datar ditinjau dari pencapaian kemampuan penalaran, pemecahan masalah, dan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pandak, dan 3) pendekatan open-ended lebih efektif dibandingkan pendekatan problem solving pada pembelajaran bangun ruang sisi datar ditinjau dari pencapaian kemampuan penalaran, pemecahan masalah, dan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pandak

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Open-Ended, Pendekatan Problem Solving, Kemampuan Penalaran, Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemampuan Komunikasi Matematis
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:43
Last Modified: 24 Oct 2022 07:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12885

Actions (login required)

View Item View Item