PengembanganTesKemampuanPemecahanMasalahdanPenalaranMatematikaSiswa SMP Kelas VIII

Sinaga, Nurul Afni (2014) PengembanganTesKemampuanPemecahanMasalahdanPenalaranMatematikaSiswa SMP Kelas VIII. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nurul-afni-sinaga-12709251057.swf

Download (21B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat tes kemampuan pemecahan masalah dan penalaran matematika siswa SMP kelas VIII di Yogyakarta yang valid dan memiliki krakteristik yang baik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengembangkan tes kemampuan pemecahan masalah dan penalaran SMP kelas VIII dengan model pengembangan yang ditetapkan oleh McIntire & Miller. Langkah-langkah pengembangan dalam penelitian ini meliputi studi pendahuluan (survei awal, analisis materi, analisis siswa), perancangan produk dan pengembangan produk (validasi ahli/praktisi, uji coba keterbacaan produk, uji coba lapangan). Uji coba lapangan dilakukan di tiga sekolah SMP Negeri di Yogyakarta yaitu SMP Negeri I Yogyakarta, SMP Negeri 6 Yogyakarta dan SMP Negeri 14 Yogyakarta. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar validasi dan tes kemampuan pemecahan dan penalaran matematika. Analisis data dilakukan dengan mengkonversi total skor aktual yang diperoleh menjadi data kalitatif skala lima untuk memperoleh kevalidan dan telaah butir soal secara kuantitatif melalui teori tes klasik (Clasiccal Test Theory) dan teori respon butir (Item Respone Theory) menggunakan model rasch dengan program QUEST. Penelitian ini menghasilkan perangkat tes kemampuan pemecahan masalah dan penalaran matematika yang meliputi kisi-kisi tes, butir soal/tes, pedoman penskoran dan lembar jawaban siswa. Hasil validasi menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan memiliki kategori valid. Karakteristik dari tes yang dikembangkan juga memiliki karakteristik yang baik ditinjau dari tingkat kesulitan tes berada pada kategori sedang dan memiliki daya beda cukup memuaskan. Reliabilitas yang dihasilkan adalah 0,708 dengan nilai estimasi dari standar kesalahan pengukuran atau SEM sebesar 3,74. Sedangkan karakteristik soal atau tes yang dianalisis menggunakan Rasch Model dengan program QUEST menunjukkan bahwa seluruh item fit dengan model ditinjau dari keseluruhan item yang tercantum di plot dan berada di dalam garis batas bawah INFIT MNSQ. Nilai rata-rata Mean MNSQ sebesar sebesar 1,00 dengan simpangan baku sebesar 0,13 memenuhi persyaratanfit statistic dalam program QUEST. Demikian pula jika dilihat dari besarnya nilai rata-rata INFIT t -0,02 dengan simpangan baku 1,03 mendekatipersyaratandalam program QUEST. Secara keseuruhan, hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Tes, Pemecahan Masalah, Penalaran
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:43
Last Modified: 09 May 2019 01:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12883

Actions (login required)

View Item View Item