Perbandingan Keefektifan Pendekatan Contextual Teaching and Learning dan Pendekatan Pemecahan Masalah Menggunakan Metode Group to Group pada Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII MTs Negeri Godean Tahun Pelajaran 2012/2013

Nuryadi, Nuryadi (2014) Perbandingan Keefektifan Pendekatan Contextual Teaching and Learning dan Pendekatan Pemecahan Masalah Menggunakan Metode Group to Group pada Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII MTs Negeri Godean Tahun Pelajaran 2012/2013. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nuryadi-10709251020.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Pendekatan Pemecahan Masalah (PPM) menggunakan metode Group to Group (GG) pada pembelajaran matematika ditinjau dari keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas VIII MTs Negeri Godean tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini adalah penelitian eksprerimen semu dengan pre-postest nonequivalent control group design. Penelitian ini menggunakan dua kelompok eksperimen. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri Godean yang terdiri dari empat kelas. Dari populasi yang ada diambil secara acak dua kelas yaitu VIII A dan VIII C sebagai sampel penelitian. Pembelajaran matematika pada kelas VIII A menggunakan Pendekatan CTL dengan metode GG dan pembelajaran pada kelas VIII C menggunakan PPM dengan metode GG. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes prestasi belajar dan lembar observasi aktivitas belajar siswa terhadap matematika. Untuk menguji keefektifan pembelajaran dengan Pendekatan CTL dan PPM menggunakan metode GG yang ditinjau dari aktivitas dan prestasi belajar siswa dalam matematika, digunakan analisis one sample t-tes. Perbandingan Keefektifan Pendekatan CTL dan PPM menggunakan metode GG pada pembelajaran yang ditinjau dari aktivitas dan prestasi belajar siswa dalam matematika, data dianalisis dengan menggunakan uji T2 hotteling. Uji-t univariat digunakan untuk menentukan pendekatan yang lebih efektif. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa penerapan Pendekatan CTL dan PPM menggunakan metode GG dalam pembelajaran matematika efektif ditinjau dari aktivitas dan prestasi belajar siswa dalam matematika. Terdapat perbedaan keefektifan secara signifikan pada penerapan Pendekatan CTL dan PPM menggunakan metode GG dalam pembelajaran matematika materi pokok bangun ruang sisi datar ditinjau dari aktivitas dan prestasi belajar siswa dalam matematika. Hasil uji lanjut menunjukkan bahwa PPM menggunakan metode GG lebih efektif pada aspek prestasi belajar matermatika siswa dibandingkan pendekatan CTL menggunakan metode GG. Sedangkan PPM sama efektif dengan pendekatan CTL menggunakan metode GG ditinjau dari aktivitas belajar siswa kelas VIII MTs Negeri Godean

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: aktivitas belajar siswa, pendekatan CTL dan pendekatan pemecahan masalah, metode group to group, prestasi belajar siswa
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:43
Last Modified: 09 May 2019 01:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12882

Actions (login required)

View Item View Item