Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bangun Ruang dengan Pendekatan Kontekstual untuk Mengembangkan Karakter Siswa SMP

Nurmeidina, Rahmatya (2014) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bangun Ruang dengan Pendekatan Kontekstual untuk Mengembangkan Karakter Siswa SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rahmatya-nurmeidina- 12709251038.swf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran bangun ruang siswa SMP dengan pendekatan kontekstual untuk mengembangkan karakter siswa SMP, meliputi silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar kegiatan siswa (LKS) yang valid, praktis, dan efektif, serta tes prestasi belajar siswa (TPB) yang valid praktis dan reliabel. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research & Development). Penelitian ini mengembangkan perangkat pembelajaran dengan menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Dessiminate) yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, dan Melvyn I Semmel. Uji coba terbatas dilaksanakan di SMP Negeri 14 Yogyakarta dan uji coba lapangan di kelas VIII A SMP Negeri 6 dan VIII B SMP Negeri 7 Yogyakarta. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar penilaian kepraktisan siswa, lembar penilaian kepraktisan guru, angket karakter siswa, dan tes prestasi belajar. Analisis data dilakukan dengan mengkonversi total skor aktual yang diperoleh menjadi data kualitatif skala lima. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran bangun ruang dengan pendekatan kontekstual untuk mengembangkan karakter siswa SMP, meliputi silabus, RPP, dan LKS yang valid, praktis, dan efektif, serta TPB yang valid, praktis, dan reliabel. Hasil validasi ahli menyatakan bahwa produk mencapai kategori valid. Hasil pengisian angket penilaian kepraktisan oleh guru menunjukkan bahwa produk mencapai kategori sangat praktis, hasil pengisian angket penilaian kepraktisan oleh siswa menunjukkan bahwa produk mencapai kategori praktis, dan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan bahwa persentase minimal keterlaksanaan pembelajaran adalah 84,2% dan maksimal adalah 100%. Keefektifan produk terlihat dari hasil TPB dan angket karakter siswa. Hasil TPB menunjukkan bahwa persentase siswa yang mencapai KKM adalah 82,35% untuk SMP Negeri 6 Yogyakarta dan 79,41% untuk siswa SMP Negeri 7 Yogyakarta, kemudian hasil pengisian angket karakter siswa menunjukkan bahwa persentase karakter siswa yang mencapai kategori minimal tinggi untuk kedua sekolah telah mencapai lebih dari 80%. Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, perangkat pembelajaran, karakter
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:43
Last Modified: 09 May 2019 01:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12880

Actions (login required)

View Item View Item