Kemampuan Representasi dan Komunikasi Matematis Peserta Didik SMA Ditinjau dari Prestasi Belajar dan Gaya Kognitif. (Penelitin Ex Post Facto pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 7, 8, dan 11 Yogyakarta).

Junita, Ranisa (2014) Kemampuan Representasi dan Komunikasi Matematis Peserta Didik SMA Ditinjau dari Prestasi Belajar dan Gaya Kognitif. (Penelitin Ex Post Facto pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 7, 8, dan 11 Yogyakarta). S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ranisa-junita-12709251045.swf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan kemampuan representasi dan komunikasi matematis ditinjau dari prestasi belajar dan gaya kognitif, 2) membandingkan kemampuan representasi dan komunikasi matematis pada peserta didik yang berprestasi tinggi, sedang, dan rendah, dan 3) membandingkan kemampuan representasi dan komunikasi matematis pada peserta didik yang bergaya kognitif field dependent dan field independent. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini kelas X SMA Negeri Yogyakarta. Sampel penelitian diperoleh dengan undian untuk mendapatkan 3 sekolah dan dilanjutkan dengan Embbed Figure Test (GEFT) untuk mendapatkan unit sampel. Instrumen yang digunakan adalah tes. Untuk menyelidiki perbandingan gaya kognitif terhadap kemampuan representasi dan komunikasi matematis, data dianalisis menggunakan uji multivarian Hotteling’s Trace (T2) dan uji univariat t-Bonfferoni. Uji normalitas yang digunakan adalah dengan menentukan jarak mahalanobis lalu dilakukan homogenitas multivariate dengan menggunakan uji Box’s M. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. 1) Tidak terdapat interaksi prestasi belajar dan gaya kognitif dalam membedakan kemampuan representasi dan komunikasi matematis. 2) Peserta didik yang field independent lebih baik dalam kemampuan representasi matematis dan kemampuan komunikasi matematis dibandingkan peserta didik yang field dependent. 3) tingkat prestasi belajar membedakan kemampuan representasi dan komunikasi matematis.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: representasi matematis, komunikasi matematis, prestasi belajar, dan gaya kognitif
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:42
Last Modified: 09 May 2019 01:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12877

Actions (login required)

View Item View Item