Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bangun Ruang Berbantuan Cabri dan Wingeom untuk Siswa Sekelah Menengah Pertama

Rahajeng, Resty (2014) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bangun Ruang Berbantuan Cabri dan Wingeom untuk Siswa Sekelah Menengah Pertama. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-resty-rahajeng.pdf

Download (164kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran bangun ruang sisi datar berbantuan Cabri dan Wingeom, meliputi silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), buku kegiatan siswa (BKS) yang valid, praktis, dan efektif serta tes hasil belajar (THB) yang valid dan praktis. Program Cabri digunakan untuk mempelajari jaring-jaring kubus, balok, prisma dan limas. Program Wingeom digunakan untuk mempelajari sifat-sifat kubus, balok, prisma dan limas serta bagian-bagiannya dan menghitung luas permukaan dan volum kubus, balok, prisma, dan limas. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) defining (pendefinisian); (2) designing (perancangan); (3) developing (pengembangan); (4) disseminating (diseminasi). Subjek uji coba penelitian yaitu 29 siswa dan satu guru SMP Negeri 4 Madiun. Instrumen untuk mengukur kevalidan adalah lembar validasi silabus, lembar validasi RPP, lembar validasi BKS, dan lembar validasi THB. Instrumen untuk mengukur kepraktisan adalah lembar penilaian guru terhadap perangkat pembelajaran, lembar tanggapan siswa, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Instrumen untuk mengukur keefektifan adalah THB dengan bentuk tes pilihan ganda sebanyak 25 butir soal dan angket minat siswa yang terdiri atas 25 pernyataan dengan 5 pilihan jawaban. Data hasil kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dianalisis dengan cara mengkonversi data kuantitatif berupa skor hasil penilaian menjadi data kualitatif berupa nilai standar skala lima. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran bangun ruang berbantuan cabri dan wingeom untuk siswa SMP kelas VIII berupa buku yang berisi Silabus, RPP untuk 9 pertemuan, BKS berbantuan cabri dan wingeom yang terdiri atas 69 halaman, dan THB dengan bentuk tes pilihan ganda sebanyak 25 butir soal. Silabus, RPP, dan BKS memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. THB memenuhi kriteria valid dan praktis. Kevalidan produk terlihat dari hasil validasi ahli yang menyatakan bahwa produk mencapai kriteria sangat valid. Kepraktisan produk terlihat dari hasil pengisian lembar penilaian guru yang menunjukkan bahwa produk telah memenuhi kriteria sangat baik; hasil pengisian lembar tanggapan siswa menunjukkan bahwa produk mencapai kriteria baik; dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan bahwa presentase mencapai 96,03%. Hasil pengujian keefektifan terlihat dari hasil THB menunjukkan sebanyak 93,1% siswa telah mencapai nilai kriteria ketuntasan minimum (KKM) yaitu 75 dengan rata-rata nilai 84,55; hasil pengisian angket minat siswa menunjukkan kriteria baik dengan rata-rata nilai 86,45.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:43
Last Modified: 09 May 2019 01:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12876

Actions (login required)

View Item View Item