Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Aritmetika, Aljabar, Statistika, dan Geometri

Mahdayani, Risa (2014) Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Aritmetika, Aljabar, Statistika, dan Geometri. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-risa-mahdayani-12709251028.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persentase siswa kelas IX SMP Negeri di kota Yogyakarta yang mengalami kesulitan ditinjau dari jenis kesulitan berdasarkan langkah pemecahan masalah pada keseluruhan materi matematika dan berdasarkan masing-masing materi seperti aritmetika, aljabar, statistika, dan geometri. Penelitian ini termasuk penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX di SMP Negeri di kota Yogyakarta yang berjumlah 3376 siswa pada tahun ajaran 2013/2014 yang berasal dari 16 sekolah. Karena jumlah subjek terlalu besar maka diambil sampel penelitian sebanyak 97 siswa yang dikelompokkan menjadi tiga kategori yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Pemilihan sampel penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik stratified propotional random sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes diagnostik dengan 10 soal untuk mengetahui persentase siswa yang mengalami kesulitan ditinjau dari jenis kesulitan berdasarkan langkah pemecahan masalah pada keseluruhan materi maupun masing-masing materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tes diagnostik keseluruhan materi, persentase siswa yang mengalami kesulitan membaca 47,4%, kesulitan pemahaman 51,5%, kesulitan transformasi 74,3%, kesulitan keterampilan proses 80,4%, dan penarikan kesimpulan 80,4%. Untuk materi aritmetika yaitu kesulitan membaca 52,6%, kesulitan pemahaman 68,1%, kesulitan transformasi 94,8%, kesulitan keterampilan proses 95,8%, dan kesulitan penarikan kesimpulan 95,8%. Untuk materi aljabar yaitu kesulitan membaca 61,8%, kesulitan pemahaman 65,9%, kesulitan transformasi 77,3%, kesulitan keterampilan proses 80,4%, dan kesulitan penarikan kesimpulan 80,4%. Untuk materi statistika yaitu kesulitan membaca 54,6%, kesulitan pemahaman 54,6%, kesulitan transformasi 83,5%, kesulitan keterampilan proses 91,7%, dan kesulitan penarikan kesimpulan 91,7%. Untuk materi geometri kesulitan membaca 34,1%, kesulitan pemahaman 35,1%, kesulitan transformasi 51,5%, kesulitan keterampilan proses 70,1%, dan kesulitan penarikan kesimpulan 70,1%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: analisis kesulitan, kesulitan siswa, pemecahan masalah matematika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:43
Last Modified: 09 May 2019 01:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12874

Actions (login required)

View Item View Item