Keefektifan Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Problem Posing Ditinjau dari Ketercapaian SK/KD dan Kemampuan Koneksi Matematik Siswa SMP

Putri, Rizky Oktora Prihadini Eka (2014) Keefektifan Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Problem Posing Ditinjau dari Ketercapaian SK/KD dan Kemampuan Koneksi Matematik Siswa SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
rizky-oktora-prihadini-eka-putri-12709251027.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan keefektifan pendekatan CTL ditinjau dari ketercapaian SK/KD dan kemampuan koneksi matematik siswa, 2) mendeskripsikan keefektifan pendekatan problem posing ditinjau dari ketercapaian SK/KD dan kemampuan koneksi matematik siswa, dan 3) menentukan mana yang lebih efektif antara pendekatan CTL atau pendekatan problem posing ditinjau dari ketercapaian SK/KD dan kemampuan koneksi matematik siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest non-equivalent group design. Penelitian ini menggunakan dua kelompok eksperimen. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 11 Yogyakarta yang terdiri dari empat kelas. Kelas VIIA dan VIIB ditentukan sebagai sampel menggunakan random sampling technique. Kelas VIIA diberi perlakuan dengan pendekatan CTL dan kelas VIIB diberi perlakuan dengan pendekatan problem posing. Instrumen yang digunakan berupa tes ketercapaian SK/KD dan tes kemampuan koneksi matematik. Untuk menguji keefektifan pembelajaran matematika dengan pendekatan CTL dan problem posing digunakan analisis one sample t-test. Selanjutnya untuk mengetahui perbedaan keefektifan pembelajaran matematika dengan pendekatan CTL dan problem posing, data dianalisis dengan menggunakan uji T2 Hotelling’s, dan uji t untuk menentukan pendekatan yang lebih efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pendekatan CTL efektif ditinjau dari ketercapaian SK/KD dan kemampuan koneksi matematik siswa, 2) pendekatan problem posing efektif ditinjau dari ketercapaian SK/KD dan kemampuan koneksi matematik siswa, dan 3) pendekatan CTL lebih efektif daripada pendekatan problem posing ditinjau dari ketercapaian SK/KD, dan kemampuan koneksi matematik siswa

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), pendekatan problem posing, ketercapaian SK/KD, dan kemampuan koneksi matematik siswa
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:43
Last Modified: 09 May 2019 01:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12873

Actions (login required)

View Item View Item