Pengembangan Perangkat Assessment Pembelajaran Matematika Kelas VII dan VIII SMP/MTs pada Pokok Bahasan Geometri dan Pengukuran

Sudarwan, Robert Edy (2014) Pengembangan Perangkat Assessment Pembelajaran Matematika Kelas VII dan VIII SMP/MTs pada Pokok Bahasan Geometri dan Pengukuran. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-robert-edi-sudarwan.pdf

Download (268kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan produk perangkat assessment pembelajaran pada pokok bahasan geometri dan pengukuran yang berorientasi pada aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap peserta didik SMP/MTs kelas VII dan VIII sebagai hasil pengembangan berdasarkan kajian teori, pendapat ahli, dan pendapat pengguna dengan kualifikasi baik; dan (2) mendeskripsikan kualitas produk assessment pembelajaran pada pokok bahasan geometri dan pengukuran yang berorientasi pada aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap peserta didik SMP/MTs kelas VII dan VIII berdasarkan aspek kevalidan, kepratisan dan keefektifan. Jenis penelitian ini adalah riset dan pengembangan dengan desain pada fase pra-pengembagan mencakup fase investigasi, fase desain dan fase realisasi. Selanjutnya pada fase pengembangan mencakup fase tes, evaluasi dan revisi. Populasi penelitian ini adalah perserta didik dan guru kelas VII pada SMP N 1 Bantul, SMP N 1 Kasihan dan SMP N 1 Sewon, Kabupaten Bantul, D.I Yogyakarta pada semeter kedua Tahun ajaran 2013/2014. Sampel yang dipilih sebanyak satu kelas dari masing-masing sekolah yang telah menerapkan kurikulum 2013. Pengumpulan data dengan melaksanakan uji coba produk pengembangan perangkat assessment dengan menggunakan penilaian berupa angket dan observasi. Penilaian menggunakan angket guna melihat kelayakan produk perangkat assessment, observasi digunakan untuk mengukur keterlaksanaan produk pengembangan oleh guru dan peserta didik pada proses pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan untuk menghitung reliabilitas dengan menggunakan uji a, untuk a ≥60 maka reliabel. Percentage of Agrements untuk mengetahui tingkat kesepakatan antar pengamat, dengan PA ≥ 70 maka tepenuhi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) produk pengembangan perangkat assessment pembelajaran pokok bahasan geometri dan pengukuran yang berorientasi pada aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap peserta didik SMP/MTs kelas VII dan VIII sebagai hasil pengembangan berdasarkan kajian teori, pendapat ahli, dan pendapat pengguna mencapai tarap kualifikasi baik. (2) kualitas produk assessment pembelajaran pada pokok bahasan geometri dan pengukuran yang berorientasi pada aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap peserta didik SMP/MTs kelas VII dan VIII berdasarkan aspek kevalidan, kepratisan dan keefektifan telah terpenuhi dengan kualitas baik.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:43
Last Modified: 09 May 2019 01:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12872

Actions (login required)

View Item View Item