Pengembangan Model Pembelajaran dengan Menggunakan Metode Kooperatif Tipe STAD dan NHT pada Materi Pokok Himpunan Untuk Siswa Kelas VII SMP

Widyanigrum, Rosalia Yenita (2014) Pengembangan Model Pembelajaran dengan Menggunakan Metode Kooperatif Tipe STAD dan NHT pada Materi Pokok Himpunan Untuk Siswa Kelas VII SMP. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-rosalia-yenita-widyaningrum.pdf

Download (163kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran matematika dengan menggunakan metode kooperatif STAD yang terintegrasi dengan NHT pada materi pokok himpunan siswa kelas VII SMP yang berkualitas baik/layak yaitu yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Model pembelajaran ini tercantum dalam perangkat yang dikembangkan yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kegiatan Siswa (LKS), dan Tes Hasil Belajar (THB). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research & development). Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan model pengembangan 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel D. S, & Semmel M. I. yang terdiri dari empat tahapan yaitu define, design, development, dan disseminate. Pengembangan ini dilaksanakan dengan tahap analisis awal akhir, analisis siswa, analisis tugas, spesifikasi tujuan pembelajaran, pemilihan media, pemilihan format, design produk, uji ahli, uji coba terbatas, dan uji coba lapangan. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penellitian ini terdiri dari lembar penilaian lembar validasi, lembar validasi RPP, lembar validasi LKS, lembar validasi THB, lembar validasi angket motivasi belajar, lembar keterlaksanaan pembelajaran, lembar penilaian perangkat pembelajaran oleh guru, angket penilaian siswa terhadap pembelajaran, soal tes hasil belajar (pretes & postes), dan angket motivasi belajar siswa. Analisis terhadap lembar validasi dan angket dilakukan dengan mengkonversi skor aktual yang diperoleh menjadi data kualitatif skala lima. Hasil validasi menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan memiliki kategori valid untuk masing-masing perangkat yang dikembangkan. Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan dinilai praktis dan efektif. Aspek kepraktisan mencapai kategori sangat baik jika ditinjau dari keterlaksanaan pembelajaran, penilaian oleh guru, dan penilaian siswa terhadap pembelajaran. Aspek keefektifan ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar siswa. Hasil postes menunjukkan bahwa lebih dari 75% siswa atau sebesar 77,78% siswa telah mencapai KKM yang ditetapkan yaitu 75. Hasil angket motivasi belajar siswa juga menunjukkan bahwa lebih dari 80% siswa berada dalam kategori motivasi minimal baik. Dengan demikian, secara keseluruhan penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa model yang dikembangkan layak untuk digunakan ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan perangkat pembelajaran

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:44
Last Modified: 09 May 2019 01:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12871

Actions (login required)

View Item View Item