Keefektifan Strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) Dalam Pembelajaran Turunan Fungsi Ditinjau dari Prestasi Belajar Matematika, Kemampuan Penyelesaian Masalah Matematis, Kemampuan Koneksi Matematis, dan Self Efficacy Siswa Kelas XI IPA SMA

Putri, Runtyani Irjayani (2014) Keefektifan Strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) Dalam Pembelajaran Turunan Fungsi Ditinjau dari Prestasi Belajar Matematika, Kemampuan Penyelesaian Masalah Matematis, Kemampuan Koneksi Matematis, dan Self Efficacy Siswa Kelas XI IPA SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-runtyani-irjayanti-putri- 12709251015.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan keefektifan strategi pembelajaran REACT pada pembelajaran turunan fungsi ditinjau dari prestasi belajar matematika, kemampuan penyelesaian masalah matematis, kemampuan koneksi matematis, dan self efficacy siswa kelas XI IPA SMA Negeri 4 Magelang, 2) menentukan strategi pembelajaran yang lebih efektif diantara strategi REACT dan pembelajaran konvensional pada pembelajaran turunan fungsi ditinjau dari aspek prestasi belajar matematika, kemampuan penyelesaian masalah matematis, kemampuan koneksi matematis, dan self efficacy siswa kelas XI IPA SMA Negeri 4 Magelang. Penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan desain pretest-posttest nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 4 Magelang yang terdiri atas empat kelas sebanyak 100 siswa. Dari populasi yang ada diambil sampel secara acak sebanyak dua kelas, yaitu siswa Kelas XI IPA-1 (24 siswa) dan siswa Kelas XI IPA-2 (26 siswa) sebagai sampel penelitian. Siswa Kelas XI IPA-1 belajar dengan menggunakan strategi REACT dan siswa Kelas XI IPA-2 belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional (strategi ceramah). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah: 1) tes prestasi belajar matematika, 2) tes kemampuan penyelesaian masalah matematis, 3) tes kemampuan koneksi matematis siswa, 4) angket self efficacy siswa terhadap pembelajaran matematika. Untuk menguji keefektifan strategi pembelajaran REACT dan pembelajaran konvensional, data dianalisis dengan menggunakan uji one sample t-test. Selanjutnya, untuk mengetahui perbedaaan keefektifan pembelajaran matematika dengan strategi REACT dan pembelajaran konvensional, data dianalisis dengan menggunakan uji T2 Hotelling’s, kemudian dilakukan uji t-Benferroni untuk menentukan strategi pembelajaran yang lebih efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) strategi pembelajaran REACT efektif pada pembelajaran turunan fungsi ditinjau dari prestasi belajar matematika, kemampuan penyelesaian masalah matematis, kemampuan koneksi matematis, dan self efficacy siswa kelas XI IPA SMA Negeri 4 Magelang, dan 2) strategi pembelajaran REACT lebih efektif daripada pembelajaran konvensional pada pembelajaran turunan fungsi ditinjau dari aspek prestasi belajar matematika, kemampuan penyelesaian masalah matematis, kemampuan koneksi matematis, dan self efficacy siswa kelas XI IPA SMA Negeri 4 Magelang

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Strategi REACT, Prestasi Belajar Matematika, Kemampuan Penyelesaian Masalah Matematis, Kemampuan Koneksi Matematis, dan Self Efficacy Siswa
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:43
Last Modified: 09 May 2019 01:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12869

Actions (login required)

View Item View Item