Pengembangan Bahan Ajar Matematika SMP Kelas VIII Semester 1 yang Berorientasi pada Karakter dan Higher Order Thinking Skill (HOTS)

Musfiqi, Shin'an (2014) Pengembangan Bahan Ajar Matematika SMP Kelas VIII Semester 1 yang Berorientasi pada Karakter dan Higher Order Thinking Skill (HOTS). S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-shin'an-musfiqi-12709259017.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar matematika SMP kelas VIII semester 1 yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan karakter dan higher order thinking skill (HOTS) atau keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan dalam tiga tahap, yaitu tahap pendahuluan, tahap pembuatan, dan tahap pengembangan. Pada tahap pendahuluan, dilakukan analisis konteks dan masalah, kajian pustaka, dan perumusan tujuan pembelajaran. Tahap pembuatan terdiri dari penyusunan instrumen tes, penentuan: media, strategi, dan materi pembelajaran, dan penyusunan desain awal produk. Selanjutnya, pada tahap pengembangan, dilakukan tiga siklus evaluasi formatif, yakni: uji coba produk, evaluasi, dan revisi produk. Pada siklus pertama, produk dinilai oleh pakar pendidikan matematika dan pakar karakter menggunakan lembar validasi. Hasil penilaian digunakan untuk mengevaluasi kevalidan bahan ajar sebagai dasar dalam melakukan revisi pertama. Pada siklus kedua, produk yang telah direvisi diujicobakan pada kelompok terbatas yang melibatkan satu guru dan enam siswa. Evaluasi yang dilakukan pada siklus ini adalah keterbacaan dan kepraktisan bahan ajar yang diperoleh dari hasil angket kepraktisan dari guru dan siswa. Hasil evaluasi digunakan untuk melakukan revisi kedua. Pada siklus ketiga, produk hasil revisi diujicobakan kembali pada uji coba lapangan yang melibatkan satu guru dan 23 siswa. Evaluasi dilakukan terhadap kepraktisan dan keefektifan bahan ajar. Kriteria keefektifan bahan ajar dalam penelitian ini adalah jika setelah siswa megikuti pembelajaran menggunakan bahan ajar yang dikembangkan, persentase siswa yang memiliki karakter minimal baik meningkat minimal 10% dan persentase siswa yang tuntas dalam tes HOTS minimal 70%. Bahan ajar yang dihasilkan dalam penelitian pengembangan ini terdiri dari rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar kerja siswa (LKS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan adalah valid, praktis, dan efektif ditinjau dari karakter dan HOTS. Kevalidan bahan ajar dibuktikan dengan hasil penilaian pakar yang menunjukkan bahwa bahan ajar memiliki kriteria sangat valid. Bahan ajar tersebut juga sangat praktis menurut penilaian guru dan siswa yang telah menggunakannya. Keefektifan bahan ajar ditunjukkan oleh hasil penilaian melalui angket karakter dan tes HOTS. Berdasarkan hasil penilaian, persentase siswa yang memiliki karakter minimal baik meningkat dari 78% menjadi 100% (meningkat 22%). Selanjutnya, berdasarkan hasil tes HOTS, siswa yang tuntas meningkat dari 0% menjadi 74% (meningkat 74%).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, bahan ajar, RPP, LKS, karakter, keterampilan berpikir tingkat tinggi, HOTS
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:43
Last Modified: 09 May 2019 01:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12868

Actions (login required)

View Item View Item