Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Matematika pada Bangun Ruang di SMP

Suriyain, Siti (2014) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Matematika pada Bangun Ruang di SMP. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-siti-nuriyatin.pdf

Download (161kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan langkah pengembangan perangkat pembelajaran berbasis penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar matematika serta mendeskripsikan kualitas hasil perangkat pengembangan tersebut. Kualitas hasil pengembangan ditentukan berdasarkan pada kriteria dari Nieveen, yaitu valid, praktis dan efektif. Kompetensi yang digunakan dalam pengembangan adalah kompetensi bangun ruang sisi datar di kelas VIII dan bangun ruang sisi lengkung di kelas IX. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini diadaptasi dari model pengembangan model 4-D yang terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate. Uji coba dilakukan tiga tahap yaitu (1) uji coba/validasi ahli; (2) uji coba terbatas; dan (3) uji coba lapangan. Uji coba lapangan dilaksanakan di SMPN 15 Yogyakarta dan SMPN 6 Yogyakarta. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar penilaian guru terhadap perangkat pembelajaran, lembar penilaian peserta didik terhadap penggunaan handout dan LKS, lembar observasi terhadap keterlaksanaan pembelajaran, tes ketercapaian kompetensi, tes kemampuan berpikir kritis, dan angket motivasi belajar matematika. Analisis data kevalidan dan analisis data kepraktisan masing-masing dilakukan dengan cara mengkonversi data kuantitatif berupa skor hasil penilaian menjadi data kualitatif berupa nilai standar skala lima. Analisis data keefektifan tes ketercpaian kompetensi dilakukan dengan cara menentukan persentase ketuntasan minimal, sedangkan analisis tes kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar matematika ditentukan peningkatannya. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran yang terdiri dari silabus, 3 RPP, 8 handout, 8 lembar kegiatan siswa (LKS), dan tes ketercapaian kompetensi pada kompetensi bangun ruang sisi datar; silabus, 3 RPP, 2 handout, 4 lembar kegiatan siswa (LKS), dan tes ketercapaian kompetensi pada kompetensi bangun ruang sisi lengkung. Masing-masing komponen perangkat pembelajaran bangun ruang sisi datar memenuhi kualitas valid, praktis, dan efektif. Masing-masing komponen perangkat pembelajaran bangun ruang sisi lengkung memenuhi kriteria valid.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:43
Last Modified: 09 May 2019 01:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12867

Actions (login required)

View Item View Item