Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pada Materi Bangun Segitiga dan Segi Empat Dengan Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII SMPN 1 Patuk

Khomsiatun, Siwi (2014) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pada Materi Bangun Segitiga dan Segi Empat Dengan Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII SMPN 1 Patuk. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-siwi-khomsiatun-08709251014.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran pada materi bangun segitiga dan segi empat dengan penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada Kompetensi Dasar “Menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan segi empat serta menggunakannya dalam pemecahan masalah” yang layak digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan menggunakan model Plomp. Pengembangan yang dilakukan dengan 5 tahap yaitu (1) analisis permasalahan, (2) rancangan, (3) realisasi, (4) implementasi, (5) evaluasi. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah kelas VII SMPN 1 Patuk dengan 32 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi perangkat, lembar kepraktisan perangkat, dan tes. Data yang dikumpulkan berupa data tentang kualitas produk yang dikembangkan yaitu kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran pada Kompetensi Dasar “Menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan segiempat serta menggunakannya dalam pemecahan masalah” yang telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran, Penemuan Terbimbing, Pemecahan Masalah
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:42
Last Modified: 09 May 2019 01:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12866

Actions (login required)

View Item View Item