Keefektifan Pembelajaran Matematika Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Ditinjau dari Motivasi dan Prestasi Belajar serta Kreativitas Matematika Siswa di MTsN Babadan Baru Sleman Tahun Ajaran 2012/2013

Amiliona, Sri Nova (2014) Keefektifan Pembelajaran Matematika Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Ditinjau dari Motivasi dan Prestasi Belajar serta Kreativitas Matematika Siswa di MTsN Babadan Baru Sleman Tahun Ajaran 2012/2013. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sri-nova-amiliona-10709251005.swf

Download (3MB)

Abstract

berdasarkan gaya belajar siswa ditinjau dari motivasi dan prestasi belajar serta kreativitas matematika siswa; (2) konvensional ditinjau dari motivasi dan prestasi belajar serta kreativitas matematika siswa; (3) berdasarkan gaya belajar siswa dibandingkan konvensional ditinjau dari motivasi dan prestasi belajar serta kreativitas matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan Pre-test and Post-test design. Penelitian ini menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan berupa pembelajaran matematika berdasarkan gaya belajar siswa dan kelompok kontrol diberikan pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN Babadan Baru Sleman yang terdiri dari empat kelas. Dari populasi yang ada, diambil dua kelas secara acak sebagai sampel penelitian. Kelas yang terpilih adalah kelas VIIB yang diberi perlakuan pembelajaran matematika berdasarkan gaya belajar siswa dan kelas VIID diberi perlakuan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan berupa angket motivasi, tes prestasi dan tes kreativitas. Koofisien reliabilitas motivasi, prestasi dan kreativitas berturut-turut setelah perlakuan adalah 0,734, 0,628, dan 0,937 untuk pembelajaran berdasarkan gaya belajar dan 0,854, 0.615 dan 0.979 untuk pembelajaran konvensional. Untuk mengetahui keefektifan pembelajaran matematika berdasarkan gaya belajar siswa dan pembelajaran konvensional pada masing-masing variabel digunakan teknik one sample t test pada taraf signifikansi 0,05. Kemudian untuk membandingkan keefektifan pembelajaran matematika berdasarkan gaya belajar siswa dan pembelajaran konvensional pada masing-masing variabel digunakan analisis data two-group MANOVA dengan T2Hotelling’s pada taraf signifikansi 0,05. Jika terdapat perbedaan keefektifan maka dilanjutkan dengan independent sample t test pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran matematika berdasarkan gaya belajar siswa efekti ditinjau dari motivasi dan prestasi belajar matematika siswa namun tidak efektif ditinjau dari kreatifitas matematika siswa; (2) pembelajaran matematika konvensional efektif ditinjau dari prestasi belajar matematika siswa namun tidak efektif ditinjau dari motivasi belajar dan kreativitas matematika siswa; (3) pembelajaran matematika berdasarkan gaya belajar siswa lebih efekti dibandingkan pembelajaran konvensional ditinjau dari prestasi belajar matematika siswa

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: gaya belajar siswa, motivasi, prestasi, kreativitas
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:42
Last Modified: 09 May 2019 01:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12865

Actions (login required)

View Item View Item