Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bangun Ruang SMP dengan Pendekataan SAVI (Somatik, Auditori, Visual, dan Intelektual)

Supiyati, Supiyati (2014) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bangun Ruang SMP dengan Pendekataan SAVI (Somatik, Auditori, Visual, dan Intelektual). S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-supiyati-12709251062.swf

Download (21B)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran bangun ruang SMP dengan menggunakan pendekatan SAVI yang layak yaitu valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah pengembangan (Development research). Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel. Pengembangan perangkat terdiri dari tahap analisis awal-akhir, analisis siswa, analisis materi, analisis tugas, spesifikasi tujuan pembelajaran, pemilihan media, pemilihan format, desain produk, uji ahli, uji coba terbatas dan uji coba lapangan. Subjek penelitian ini adalah 52 orang yang terdiri dari dua kelas yang berasal dari siswa SMPN 5 Sumbawa Besar dan SMPN 2 Unter Iwes. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar penilaian sisiwa, lembar penilain guru, dan tes prestasi belajar. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berupa silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif serta Tes Prestasi Belajar (TPB) yang valid dan reliabel. Kevalidan dapat dilihat dari pendapat para ahli yang menyatakan bahwa perangkat pembelajaran valid, dengan kategori baik. Kepraktisan dapat dilihat dari hasil penilaian guru yang menyatakan bahwa perangkat pembelajaran praktis, dengan kategori sangat baik, penilaian siswa dengan kategori baik, dan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran yang mencapai 84,38%. Keefektifan dapat dilihat dari hasil tes prestasi dengan persentase ketuntasan mencapai 76,92%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, perangkat pembelajaran, bangun ruang, pendekatan SAVI
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:43
Last Modified: 09 May 2019 01:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12864

Actions (login required)

View Item View Item