Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) dan Tipe Jigsaw pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Ditinjau dari Prestasi Belajar Matematika dan Karakter Siswa

Suratno, Suratno (2014) Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) dan Tipe Jigsaw pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Ditinjau dari Prestasi Belajar Matematika dan Karakter Siswa. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-suratno.pdf

Download (242kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk: 1) mendeskripsikan keefektifan pembelajaran kooperatif tipe TPS dan tipe Jigsaw ditinjau dari prestasi belajar matematika dan karakter siswa; 2) mendeskripsikan, perbandingan keefektifan pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw ditinjau dari prestasi belajar matematika dan karakter siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung. Penelitian merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan dua kelompok eksperimen. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Banjarnegara yang terdiri dari delapan kelas, sedangkan sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak. Instrumen penelitian adalah tes prestasi dalam bentuk soal uraian yang terdiri dari pretes dan pos tes. Koefisien reliabilitas r pretes = 0,785 dan Standard Error of Measurement (SEM) pre tes = 5,394 dan koefisien reliabilitas r postes = 0,814 dan SEM postes = 4,818, sedangkan angket karakter siswa dengan koefisien reliabilitas r = 0,912 dan SEM = 3,213. Uji normalitas data menggunakan One-Sample Kolmogorov-Smirnov Test dan uji homogenitas menggunakan Box’s M test (α = 0,05). Uji F dengan Hotelling’s Trace (α = 0,05) dilakukan untuk mengetahui beda rata-rata kedua kelas secara multivariat. Uji t dengan kriteria Bonferroni (α = 0,05) dilakukan untuk mengetahui variabel terikat mana yang membuat kedua kelas tersebut berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran kooperatif tipe TPS dan tipe Jigsaw efektif ditinjau dari prestasi belajar matematika dan karakter siswa; 2) pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih efektif dibanding pembelajaran kooperatif tipe TPS ditinjau dari prestasi belajar matematika dan karakter siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:43
Last Modified: 09 May 2019 01:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12862

Actions (login required)

View Item View Item