Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Macromedia Flash 8 Professional dengan Pendekatan Kontekstual pada Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang dan Keefektifannya pada Sikap terhadap Matematika dan ICT

Fahmi, Syariful (2014) Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Macromedia Flash 8 Professional dengan Pendekatan Kontekstual pada Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang dan Keefektifannya pada Sikap terhadap Matematika dan ICT. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-syariful-fahmi-07709251002.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif pada pembelajaran matematika menggunakan Macromedia Flash 8 Professional di standar kompetensi memahami sifat-sifat tabung, kerucut, dan bola, pada siswa kelas IX SMP. Isi multimedia interaktif meliputi standar kompetensi dan kompetensi dasar, petunjuk penggunaan, materi, evaluasi, dan e-book. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Borg and Gall yang meliputi: (1) analisis standar isi, (2) pengumpulan referensi multimedia, (3) penyusunan rancangan multimedia, dan (4) pembuatan multimedia interaktif berupa cakram digital (CD). Multimedia interaktif yang telah dibuat dikonsultasikan kepada dosen pembimbing agar mendapatkan masukan. Masukan selanjutnya digunakan untuk merevisi multimedia interaktif. Hasil revisi multimedia interaktif tersebut dinilai oleh ahli materi dan pembelajaran, dan ahli media, dan diujicobakan pada siswa, baik kelas kecil maupun kelas besar, yaitu 42 siswa kelas IX, SMP Muhammadiyah 1 Minggir dan SMP Muhammadiyah 2 Minggir. Penelitian ini telah berhasil mengembangkan multimedia interaktif pada pembelajaran matematika yang mempunyai kualitas BAIK (B) menurut penilaian ahli materi dan pembelajaran, ahli media, dan 42 siswa kelas IX, dengan skor rata-rata 209,48 dari skor maksimal 260. Sedangkan untuk keefektifannya terhadap sikap siswa pada matematika dan ICT, ada perubahan sikap pada aspek rasa cemas siswa, rasa percaya diri siswa, dan rasa suka terhadap matematika dan ICT

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multimedia interaktif, Macromedia Flash 8 Professional, sikap siswa pada matematika dan ICT
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:42
Last Modified: 09 May 2019 01:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12861

Actions (login required)

View Item View Item