Pengembangan Perangkat Pembelajaran Trigonometri Kelas X SMA Berbasis Strategi Pembelajaran Inkuiri Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD)

Azni, Tengku Neti (2014) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Trigonometri Kelas X SMA Berbasis Strategi Pembelajaran Inkuiri Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD). S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-tengku-neti-azni-12709259024.swf

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran trigonometri berbasis strategi pembelajaran inkuiri melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang valid, praktis, dan efektif ditinjau dari prestasi dan kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel. Pengembangan perangkat dimulai dari tahap: awal-akhir, analisis siswa, analisis tugas, analisis konsep, analisis spesifikasi tujuan pembelajaran, pemilihan media, pemilihan format, desain produk, penilaian ahli dan praktisi, uji coba terbatas dan uji coba lapangan. Subjek uji coba sebanyak 67 orang siswa kelas X SMAN Bernas Kabupaten Pelalawan, Propinsi Riau yang terdiri atas sembilan orang pada uji coba terbatas dan 58 orang pada uji coba lapangan. Validasi terhadap perangkat pembelajaran dilakukan oleh dua ahli dan satu praktisi dengan menggunakan lembar validasi. Penilaian kepraktisan terhadap perangkat pembelajaran dilakukan oleh dua guru matematika dengan menggunakan lembar penilaian guru, satu observer dengan menggunakan lembar observasi, dan seluruh siswa uji coba dengan mengunakan lembar penilaian siswa. Keefektifan perangkat pembelajaran dilihat dari ketuntasan siswa secara klasikal dengan menggunakan THB. Analisis data dilakukan dengan mengkonversikan total skor aktual yang diperoleh menjadi data kualitatif skala lima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar kegiatan Siswa(LKS), dan Tes Hasil Belajar (THB) memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif sehingga perangkat tersebut layak digunakan sebagai sumber belajar. Kevalidan terlihat dari hasil penilaian ahli dan praktisi yang menyatakan perangkat pembelajaran valid, dengan kategori sangat baik. Kepraktisan terlihat dari hasil penilaian guru yang menyatakan bahwa perangkat pembelajaran praktis, dengan kategori sangat baik, penilaian siswa dengan kategori baik, dan keterlaksanaan pembelajaran yang mencapai 87,66%. Keefektifan terlihat dari hasil tes prestasi dan kemampuan komunikasi matematis siswa yang persentase ketuntasannya mencapai 81,03% dan 77,59%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, perangkat trigonometri, strategi inkuiri, model kooperatif tipe STAD
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:42
Last Modified: 09 May 2019 01:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12859

Actions (login required)

View Item View Item