Perbandingan Keefektifan Model Quantum Teaching dan Cooperative Learning tipe Teams Games Tournament (TGT) pada Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Prestasi belajar dan Motivasi Belajar Siswa SMP

Trisnawati, Trisnawati (2014) Perbandingan Keefektifan Model Quantum Teaching dan Cooperative Learning tipe Teams Games Tournament (TGT) pada Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Prestasi belajar dan Motivasi Belajar Siswa SMP. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-trisnawati.pdf

Download (137kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran (Quantum Teaching dan Cooperative Learning tipe TGT) dan membandingkan keefektifan model pembelajaran (Quantum Teaching dan model pembelajaran Cooperative Learning tipe TGT) pada pembelajaran matematika ditinjau dari aspek prestasi belajar matematika dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan desain pretest-posttest nonequivalent group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPMuhammadiyah 1 Yogyakarta yang terdiri atas tujuh kelas. Dari populasi yang ada diambil sampel secara acak sebanyak dua kelas sebagai sampel penelitian, kemudian kedua kelas tersebut dipilih secara acak untuk menentukan model pembelajaran yang akan digunakan pada masing-masing kelas. Berdasarkan penentuan secara acak tersebut, siswa Kelas VIII-D belajar dengan menggunakan model Quantum Teachingdan siswa Kelas VIII-E belajar dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe TGT. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes prestasi belajar dan angket motivasi belajar siswa. Untuk menguji keefektifan pendekatan pembelajaran (Quantum Teaching dan Cooperative Learning tipe TGT), data dianalisis dengan menggunakan uji one sample t-test. Untuk membandingkan keefektifan model pembelajaran (Quantum Teaching dan model pembelajaran Cooperative Learning tipe TGT), data dianalisis dengan menggunakan MANOVA yang kemudian dilanjutkan dengan uji t-Benferroni. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran (Quantum Teaching dan Cooperative Learning tipe TGT) efektif dan model Quantum Teaching lebih efektif daripada model Cooperative Learning tipe TGT pada pembelajaran matematika ditinjau dari aspek prestasi belajar dan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:43
Last Modified: 09 May 2019 01:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12858

Actions (login required)

View Item View Item