Pengaruh Pendekatan PMRI terhadap Motivasi Berprestasi, Kemampuan Pemecahan Masalah, dan Prestasi Belajar pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel di SMP N 1 Luragung

Wahidin, Wahidin (2014) Pengaruh Pendekatan PMRI terhadap Motivasi Berprestasi, Kemampuan Pemecahan Masalah, dan Prestasi Belajar pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel di SMP N 1 Luragung. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-wahidin-12709259004.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1. Perbedaan Pengaruh pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dan pendekatan konvensional dan 2. Keefektifan pendekatan PMRI dan pendekatan konvensional dalam pembelajaran materi sistem persamaan linier dua variabel ditinjau dari motivasi berprestasi, kemampuan pemecahan masalah, dan prestasi belajar siswa pada siswa kelas VIII SMP N 1 Luragung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Luragung, semester ganjil tahun pelajaran 2013/2014 yang terdiri dari delapan kelas. Sampel dipilih sebanyak dua kelas dengan menggunakan teknik cluster sampling. Kelas VIII 2 terpilih sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan pendekatan PMRI dan kelas VIII 6 terpilih sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan dengan pendekatan konvensional. Instrumen penelitian adalah instrumen tes prestasi dengan koefisien reliabilitas r = 0,72 dan Standard Error of Measurement (SEM) = 1,96, tes kemampuan pemecahan masalah dengan koefisien reliabilitas r = 0,88 dengan Standard Error of Measurement (SEM) = 2,58, dan angket motivasi berprestasi dengan r = 0,74 dan SEM = 4,74. Seluruh instrumen dinyatakan valid oleh ahli. Perbedaan pengaruh dianalisis menggunakan uji multivariat (MANOVA). Keefektifan dianalisis menggunakan uji one sample t test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara pendekatan PMRI dan pendekatan konvensional ditinjau dari motivasi berprestasi, kemampuan pemecahan masalah, dan prestasi belajar siswa. Pendekatan PMRI efektif ditinjau dari motivasi berprestasi pada materi sistem persamaan linier dua variabel di SMP N 1 Luragung

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI), pendekatan konvensional, motivasi berprestasi, kemampuan pemecahan masalah, dan prestasi belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:44
Last Modified: 09 May 2019 01:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12856

Actions (login required)

View Item View Item