Wahidin, Wahidin (2014) Pengaruh Pendekatan PMRI terhadap Motivasi Berprestasi, Kemampuan Pemecahan Masalah, dan Prestasi Belajar pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel di SMP N 1 Luragung. S2 thesis, UNY.
![]() |
Text
tesis-wahidin-12709259004.swf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1. Perbedaan Pengaruh pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dan pendekatan konvensional dan 2. Keefektifan pendekatan PMRI dan pendekatan konvensional dalam pembelajaran materi sistem persamaan linier dua variabel ditinjau dari motivasi berprestasi, kemampuan pemecahan masalah, dan prestasi belajar siswa pada siswa kelas VIII SMP N 1 Luragung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Luragung, semester ganjil tahun pelajaran 2013/2014 yang terdiri dari delapan kelas. Sampel dipilih sebanyak dua kelas dengan menggunakan teknik cluster sampling. Kelas VIII 2 terpilih sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan pendekatan PMRI dan kelas VIII 6 terpilih sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan dengan pendekatan konvensional. Instrumen penelitian adalah instrumen tes prestasi dengan koefisien reliabilitas r = 0,72 dan Standard Error of Measurement (SEM) = 1,96, tes kemampuan pemecahan masalah dengan koefisien reliabilitas r = 0,88 dengan Standard Error of Measurement (SEM) = 2,58, dan angket motivasi berprestasi dengan r = 0,74 dan SEM = 4,74. Seluruh instrumen dinyatakan valid oleh ahli. Perbedaan pengaruh dianalisis menggunakan uji multivariat (MANOVA). Keefektifan dianalisis menggunakan uji one sample t test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara pendekatan PMRI dan pendekatan konvensional ditinjau dari motivasi berprestasi, kemampuan pemecahan masalah, dan prestasi belajar siswa. Pendekatan PMRI efektif ditinjau dari motivasi berprestasi pada materi sistem persamaan linier dua variabel di SMP N 1 Luragung
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI), pendekatan konvensional, motivasi berprestasi, kemampuan pemecahan masalah, dan prestasi belajar |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 12 Mar 2015 06:44 |
Last Modified: | 09 May 2019 01:27 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12856 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |