Pengembangan Model Pembelajaran Kontekstual Matematika di SMP Kelas IX yang Menekankan Religiusitas Peserta didik

Yanuarto, Wanda Nugroho (2014) Pengembangan Model Pembelajaran Kontekstual Matematika di SMP Kelas IX yang Menekankan Religiusitas Peserta didik. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-wanda-nugroho-yanuarta.pdf

Download (226kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan sebagai berikut: (1) mengembangkan produk pembelajaran kontekstual matematika yang menekankan religiusitas peserta didik, (2) menghasilkan produk pengembangan pembelajaran kontekstual matematika yang menekankan religiusitas peserta didik yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau development research. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menerapkan pembelajaran kontekstual matematika yang menekankan religiusitas peserta didik. Subjek uji coba adalah peserta didik SMP Negeri 2 Banyumas, Jawa Tengah kelas IXA. Pengembangan pembelajaran difokuskan pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan juga pengembangan perangkat pembelajaran yang membantu keterlaksanaan model pembelajaran, yaitu buku panduan guru (BPG), lembar kerja siswa (LKS), lembar projek. Produk yang diciptakan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini valid, jika hasil penilaian para ahli dan praktisi yang didasarkan pada aspek teoritis yang kuat. Aspek kepraktisan ditinjau dari keterpakaian dan kemudahan guru dalam menggunakan perangkat pembelajaran dan peserta didik dalam pemanfaatan LKS, projek, dan lembar penilaian diri. Keefektifan dilihat dari hasil penilaian LKS, penilaian observasi dan hasil penilaian diri dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan produk pengembangan memenuhi kriteria: (1) kevalidan yakni para dosen ahli menyatakan perangkat pembelajaran valid, dengan kriteria yang dihasilkan oleh RPP yaitu 3,72  4 (valid), BPG menghasilkan 3,91  4 (valid), LKS yaitu 3,64  4 (valid), dan lembar projek peserta didik sebesar 3,47  3 (cukup valid), (2) tingkat kepraktisan yakni; (a) kepraktisan guru terhadap perangkat pembelajaran menghasilkan skor kepraktisan yaitu 4,26 (praktis), (b) kepraktisan peserta didik terhadap pemanfaatan LKS, Projek, dan Penilaian diri yang menghasilkan kriteria yaitu 4,03 (praktis), (3) tingkat keefektifan yakni; (a) hasil penilaian masing-masing LKS1, LKS2, dan LKS3 sebanyak 89%, 92%, dan 95% memperoleh nilai predikat minimal cukup (C), sehingga dikatakan tuntas, (b) hasil penilaian msing-masing observasi1, observasi2, dan observasi3 memperoleh skor 100% (Tuntas), dan (c) skor hasil penilaian diri sebanyak 100% (Tuntas). Oleh karena itu bisa disimpulkan bahwa pembelajaran kontekstual matematika yang menekankan religiusitas peserta didik memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:44
Last Modified: 09 May 2019 01:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12855

Actions (login required)

View Item View Item