Pengembangan Bahan Ajar Geometri Ruang SMP dengan Memanfaatkan Sumber Belajar di Lingkungan Sekitar

Putri, Agisna anindya (2014) Pengembangan Bahan Ajar Geometri Ruang SMP dengan Memanfaatkan Sumber Belajar di Lingkungan Sekitar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-agisna-anindya-putri-12709251002.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar geometri ruang SMP yang memanfaatkan sumber belajar di lingkungan sekitar siswa, meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar kegiatan siswa (LKS) yang valid, praktis, dan efektif, serta tes prestasi belajar siswa (TPB) yang valid, praktis, dan reliabel. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan 4D yang dikemukakan oleh Thiagarajan dan Melvyn I. Semmel yang telah dimofikasi menjadi tiga tahapan yaitu tahap pendefinisian (define), tahap merancang (design), dan tahap mengembangkan (develop). Subjek uji coba penelitian yaitu 25 siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Banjarmasin, 34 siswa kelas VIII di SMP Negeri 12 Banjarmasin, 30 siswa kelas VIII di MTs Nurul Ulum, 1 guru dari SMP Negeri 1 Banjarmasin, 1 guru dari SMP Negeri 12 Banjarmasin, dan 1 guru dari MTs Nurul Ulum Banjarmasin. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar penilaian kepraktisan oleh guru, lembar penilaian kepraktisan oleh siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan TPB. Penelitian ini menghasilkan bahan ajar geometri ruang SMP yang memanfaatkan sumber belajar di lingkungan sekitar. Produk yang dihasilkan meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar kegiatan siswa (LKS) yang valid, praktis, dan efektif, serta tes prestasi belajar siswa (TPB) yang valid, praktis, dan reliabel. Kevalidan produk dapat terlihat dari hasil validasi ahli yang menyatakan bahwa produk mencapai kriteria sangat valid dan koefisien reliabilitas untuk TPB sebesar 0,5773. Kepraktisan produk terlihat dari hasil pengisian lembar penilaian kepraktisan oleh guru yang menunjukkan bahwa produk mencapai kriteria sangat baik; hasil pengisian lembar penilaian kepraktisan oleh siswa yang menunjukkan bahwa produk mencapai kriteria baik; dan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan bahwa persentase minimal keterlaksanaan pembelajaran adalah 83,3% dan maksimal adalah 100%. Keefektifan produk terlihat dari hasil tes prestasi belajar siswa menunjukkan bahwa persentase siswa yang mencapai KKM adalah 88% untuk SMP Negeri 1 Banjarmasin, 76,5% untuk SMP Negeri 12 Banjarmasin, dan 73,3% untuk MTs Nurul Ulum Banjarmasin.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, bahan ajar, sumber belajar, lingkungan sekitar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:43
Last Modified: 09 May 2019 01:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12853

Actions (login required)

View Item View Item