Sari, Wiwin Rita (2014) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendidikan Matematika Realistik yang Berorientasi pada Pencapaian Kemampuan Koneksi Matematis dan Minat Terhadap Matematika Siswa SMP kelas VIII Semester II. S2 thesis, UNY.
![]() |
Text
tesis-wiwin-rita-sari-12709251055.swf Download (21B) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis Pendidikan Matematika Realistik yang valid, praktis, dan efektif untuk pencapaian kemampuan koneksi matematis dan minat terhadap matematika siswa pada materi pokok bangun ruang sisi datar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri atas 4 tahap yaitu (1) pendefinisian, (2) perancangan, (3) pengembangan, dan (4) penyebaran. Subjek uji coba penelitian yaitu 49 siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Seputih Surabaya, Kabupaten Lampung Tengah, Lampung, terdiri dari 12 siswa pada uji coba terbatas dan 37 siswa pada uji coba lapangan serta seorang guru matematika. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kevalidan perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah lembar validasi. Instrumen untuk mengukur kepraktisan perangkat pembelajaran adalah lembar penilaian guru, lembar penilaian siswa, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Instrumen untuk mengukur keefektifan perangkat pembelajaran yaitu tes ketercapaian kompetensi dasar (TKKD), tes kemampuan koneksi matematis (TKKM), dan angket minat terhadap matematika. Analisis data dilakukan dengan cara mengkonversi data kuantitatif berupa skor hasil penilaian menjadi data kualitatif berupa nilai standar skala lima. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis Pendidikan Matematika Realistik yang terdiri dari silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kegiatan siswa (LKS), TKKD, dan TKKM. Produk yang dihasilkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Kevalidan terlihat dari hasil penilaian ahli yang menyatakan perangkat pembelajaran valid, dengan kategori sangat baik. Kepraktisan terlihat dari hasil penilaian guru yang menyatakan bahwa perangkat pembelajaran praktis, dengan kategori sangat baik, penilaian siswa dengan kategori baik, dan keterlaksanaan pembelajaran yang mencapai 84,90%. Keefektifan terlihat dari tercapainya minimal 80% siswa lulus KKM ditinjau dari ketercapaian kompetensi dasar dan kemampuan koneksi matematis, serta lebih dari 80% siswa mempunyai minat terhadap matematika dalam kategori minimal baik
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, perangkat pembelajaran, PMR, koneksi matematis, minat terhadap matematika |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 12 Mar 2015 06:43 |
Last Modified: | 09 May 2019 01:27 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12850 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |