Keefektifan Penerapan Pendekatan Problem Solving dengan Setting Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan TAI Ditinjau dari Prestasi Belajar dan Self-confidence Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP)

Martyanti, Adhetia (2014) Keefektifan Penerapan Pendekatan Problem Solving dengan Setting Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan TAI Ditinjau dari Prestasi Belajar dan Self-confidence Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-adhetia-martyanti-12709251037.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan keefektifan penerapan pendekatan problem solving dengan setting pembelajaran kooperatif tipe STAD, pendekatan problem solving dengan setting pembelajaran kooperatif tipe TAI, serta pendekatan konvensional; dan 2) mendeskrisikan perbandingan keefektifan dari penerapan pendekatan problem solving dengan setting pembelajaran kooperatif tipe STAD, pendekatan problem solving dengan setting pembelajaran kooperatif tipe TAI, serta pendekatan konvensional ditinjau aspek dari prestasi belajar matematika dan self-confidence siswa. Penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan desain nonequivalent group pretest-posttest design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A, VIII C dan VIII D SMP Negeri 1 Prambanan. Siswa kelas VIII A belajar dengan menggunakan pendekatan problem solving dengan setting pembelajaran kooperatif tipe TAI, siswa kelas VIII C belajar dengan menggunakan pendekatan problem solving dengan setting pembelajaran kooperatif tipe STAD, dan siswa kelas VIII D belajar dengan menggunakan pendekatan konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah: tes hasil belajar matematika dan angket self-confidence siswa dalam pembelajaran matematika. Untuk menguji keefektifan pendekatan pembelajaran, data dianalisis dengan menggunakan uji one sample t-test. Sedangkan untuk menguji perbandingan dari ketiga pendekatan pembelajaran, data dianalisis dengan menggunakan uji Tukey HSD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ketiga pendekatan pembelajaran efektif ditinjau dari masing-masing aspek; 2) pendekatan problem solving dengan setting pembelajaran kooperatif tipe STAD dan pendekatan problem solving dengan setting pembelajaran kooperatif tipe TAI, masing-masing lebih efektif daripada pendekatan konvensional ditinjau dari masing-masing aspek, sedangkan antara pendekatan problem solving dengan setting pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan pendekatan problem solving dengan setting pembelajaran kooperatif tipe STAD tidak terdapat perbedaan yang signifikan ditinjau dari masing-masing aspek.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Problem Solving dengan Setting Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Pendekatan Problem Solving dengan Setting Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI, Prestasi Belajar, Self-Confidence.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:43
Last Modified: 09 May 2019 01:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12849

Actions (login required)

View Item View Item