Pengembangan Perangkat Pembelajaran Teorema Pythagoras dengan Pendekatan IDEAL Berbantuan GeoGebra

Fitriyani, Wulan (2014) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Teorema Pythagoras dengan Pendekatan IDEAL Berbantuan GeoGebra. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-wulan-fitriyani-12709259018.swf

Download (230MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) tingkat kevalidan hasil pengembangan perangkat pembelajaran Teorema Pythagoras dengan pendekatan IDEAL berbantuan GeoGebra; (2) tingkat kepraktisan hasil pengembangan perangkat pembelajaran Teorema Pythagoras dengan pendekatan IDEAL berbantuan GeoGebra; dan (3) tingkat keefektifan hasil pengembangan perangkat pembelajaran Teorema Pythagoras dengan pendekatan IDEAL berbantuan GeoGebra ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan, dengan model pengembangan 4-D dari Thiagarajan, Semmel, & Semmel. Tahapan dalam penelitian pengembangan ini meliputi define, design, develop, dan disseminate. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pati dengan satu kelas uji coba yang dipilih secara acak. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan penyelesaian masalah (TKPM), angket motivasi, lembar validasi, dan lembar penilaian guru dan siswa. Instrumen yang digunakan adalah TKPM untuk mengetahui prestasi dan daya serap siswa, angket motivasi untuk mengetahui skor motivasi belajar matematika siswa, lembar validasi untuk mengetahui kevalidan produk yang dikembangkan, dan lembar penilaian oleh guru dan siswa untuk mengetahui tingkat keparktisan produk yang dikembangkan. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) produk perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini berupa silabus, RPP, dan LKS sangat valid; (2) produk perangkat pembelajaran yang dikembangkan sangat praktis bagi guru dan siswa; dan (3) produk perangkat pembelajaran telah memenuhi kriteria sangat efektif ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar siswa, lebih dari 80% (83,33%) siswa berhasil mencapai KKM yang ditetapkan dan lebih dari 75% (87,5%) siswa memiliki motivasi belajar matematika yang tinggi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Teorema Pythagoras, IDEAL, GeoGebra
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:42
Last Modified: 09 May 2019 01:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12848

Actions (login required)

View Item View Item