Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Pendekatan Open-Ended Dalam Rangka Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SMA Kelas X

Soeyono, Yandri (2014) Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Pendekatan Open-Ended Dalam Rangka Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SMA Kelas X. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yandri-soeyono-12709251058.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar Matematika kelas X dengan menggunakan pendekatan Open-ended yang baik (valid, praktis dan efektif) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa, dan membandingkan keefektifannya dengan Buku Guru dan Buku Siswa Matematika Kelas X yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang diacu adalah model Dick and Carey dan Borg and Gall. Berdasarkan hasil kajian terhadap kedua model pengembangan tersebut, dan disesuaikan dengan kebutuhan akan penelitian ini, maka dilakukan modifikasi terhadap model yang ada. Langkah-langkah dalam pengembangan ini adalah meneliti dan mengumpulkan informasi, mengembangkan RPP, memilih dan mengembangkan bahan ajar, uji coba awal, revisi, uji coba utama, dan revisi akhir produk. Uji coba awal dan uji coba utama dilaksanakan di SMA Negeri 1 Bantul. Kelas kontrol pada penelitian ini pun adalah salah satu kelas di SMA Negeri 1 Bantul. Kevalidan produk divalidasi oleh ahli menggunakan lembar validasi. Kepraktisan produk dinilai oleh pengguna produk yaitu Guru dan siswa yang mendapat perlakuan. Keefektifan produk diuji mengunakan uji statistik inferensial dengan melihat peningkatan yang signifikan dari nilai pretest dan posttest ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa. Selanjutnya, akan dibandingkan keefektifan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kevalidan produk yang dihasilkan termasuk kategori sangat valid menurut para ahli. Selain itu, produk yang dihasilkan juga masuk kategori praktis menurut penilaian Guru, dan kategori sangat praktis menurut siswa. Produk yang dihasilkan pun efektif, bahkan lebih efektif jika dibandingkan dengan Buku Guru dan Buku Siswa Matematika Kelas X dari Pemerintah ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, bahan ajar, pendekatan Open-ended, kemampuan berpikir kritis, kemampuan berpikir kreatif
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:43
Last Modified: 09 May 2019 01:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12846

Actions (login required)

View Item View Item