Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Pendekatan Kontekstual dan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan EQ dan SQ Siswa Akselerasi SMP/MTs

Agustyarini, Yhasinta (2014) Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Pendekatan Kontekstual dan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan EQ dan SQ Siswa Akselerasi SMP/MTs. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-yhasinta-agustyarini.pdf

Download (160kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan bahan ajar matematika dengan pendekatan kontekstual dan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan EQ dan SQ peserta didik SMP/MTs akselerasi serta mendeskripsikan kualitas hasil pengembangan bahan ajar tersebut. Kualitas hasil pengembangan ditentukan berdasarkan pada kriteria dari Nieveen, yaitu valid, praktis, dan efektif. Materi yang dikembangkan adalah materi bangun ruang SMP/MTs akselerasi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan bahan ajar dalam penelitian ini dimodifikasi dari tiga model pengembangan yaitu Borg & Gall, Dick, Carey & Carey, dan Plomp. Tahap-tahap utama yang dilakukan meliputi: (1) investigasi awal, (2) desain, (3) realisasi, (4) uji coba, evaluasi dan revisi, serta (5) implementasi. Uji coba dilaksanakan dalam empat tahap, yaitu (1) validasi ahli, (2) uji coba pendahuluan, (3) uji coba terbatas, dan (4) uji coba skala besar/lapangan. Uji coba dilaksanakan di MTs Unggulan Amanatul Ummah Surabaya Program Akselerasi. Uji coba terbatas dilaksanakan pada satu kelas dan uji coba skala besar dilaksanakan pada dua kelas dengan dua guru berbeda. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar penilaian guru, lembar penilaian siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes ketercapaian kompetensi serta angket EQ dan SQ. Analisis data kevalidan dan kepraktisan dilakukan dengan cara mengkonversi data kuantitatif berupa skor hasil penilaian menjadi data kualitatif berupa nilai standar skala lima. Analisis data keefektifan untuk tes ketercapaian kompetensi dilakukan dengan cara menentukan persentase ketuntasan belajar siswa dari pretest dan posttest, sedangkan analisis data keefektifan dari angket EQ dan SQ didahului dengan mengkonversi data kuantitatif berupa skor hasil penilaian menjadi data kualitatif berupa nilai standar skala lima kemudian menentukan persentase banyak siswa yang berada pada kategori minimal rendah, minimal cukup tinggi, minimal tinggi, dan minimal sangat tinggi. Penelitian ini menghasilkan bahan ajar matematika dan komponen pendukungnya, meliputi silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), dan modul matematika yang valid, praktis, dan efektif, serta tes ketercapaian kompetensi (TKK) yang valid, praktis, dan reliabe

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, bahan ajar, pendekatan kontekstual, penemuan terbimbing, EQ, SQ, akselerasi
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:42
Last Modified: 22 Mar 2017 07:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12845

Actions (login required)

View Item View Item