Analisis Proses Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama

Lahinda, Youwanda (2014) Analisis Proses Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-youwanda-lahinda-12709251010.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Pengetahuan yang sudah dimiliki siswa, (2) Strategi, dan (3) kontrol kognitif yang di lakukan siswa sekolah menengah pertama dalam menyelesaikan masalah matematika. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Siau Timur sebanyak 171 siswa. Sampel diambil sebanyak 15 dari 171 siswa, dimana masing-masing kategori terdiri dari 5 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes tulis dalam bentuk soal uraian dan dilengkapi dengan wawancara terhadap subjek untuk memperjelas karakteristik proses pemecahan masalah siswa yaitu Pengetahuan yang sudah dimiliki, strategi, dan kontrol kognitif. Soal yang diujikan adalah soal pemecahan masalah sebanyak 5 item soal. Analisis data dilakukan dengan menganalisis hasil tes dan wawancara, kemudian dilanjutkan dengan menarik kesimpulan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, pengetahuan (resources) yang telah dikuasai siswa strata tinggi yaitu pada pemecahan masalah matematika mengenai sifat-sifat operasi bilangan bulat dan pecahan serta persamaan linear satu variabel. Sementara itu siswa strata sedang dalam menentukan pola barisan bilangan sederhana, dan siswa strata rendah dalammemecahkan masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret. Kedua, strategi yang tepat digunakan masing-masing strata pada kompetensi tersebut di atas yakni strategi mengidentifikasi langkah (identify subgoal) dan strategi menggunakan rumus (use formula) oleh strata tinggi. Kemudian, strategi menggambar bagan (draw a sketch) oleh strata sedang dan rendah. Selanjutnya yang terakhir, kontrol kognitif siswa pada strata tinggi selalu lebih baik dari siswa pada strata sedang dan strata rendah. Hal ini terlihat jelas pada gaya kognitif siswa pada strata tinggi dan bagaimana mereka merencanakan solusi. Siswa strata tinggi cenderung memiliki gaya kognitif impulsif sedang siswa strata sedang dan rendah cenderung memiliki gaya kognitif refleksif

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Proses, Pemecahan masalah
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:43
Last Modified: 09 May 2019 01:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12843

Actions (login required)

View Item View Item