Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMP Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Lengkung dengan Pendekatan Problem Solving

Askois, Abrurahman (2014) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMP Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Lengkung dengan Pendekatan Problem Solving. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-abdurahman-askois-09709251035.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk:1) menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran matematika SMP materi pokok bangun ruang sisi lengkung dengan pendekatan problem solving yang valid, praktis dan efektif; dan 2) mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan produk yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan,Semmel dan Semmel yang dimodifikasi sehingga hanya memuat tahap Define, Design dan Develop.. Kualitas produk tentang kevalidan diperoleh melalui penilaian ahli. Kualitas produk tentang kepraktisan diperoleh melalui penilaian guru dan siswa atas perangkat dan observasi lapangan. Kualitas keefektifan dinilai berdasarkan kemampuan perangkat memfasilitasi peningkatan hasil belajar siswa yaitu meningkatkan hasil belajar no learning ke rote learning, rote learning ke meaningfull learning, dan menguatkan meaningfull learning. Instrumen keefektifan ini THB pre-test untuk memperoleh data amatan dan THB post-test untuk memperoleh tingkat keefektifan. Uji keefektifan produk menggunakan Statistik binomial dan chi square. Berdasarkan penelitian disimpulkan sebagai bahwa semua perangkat pembelajaran matematika yang dikembangkan (RPP, LKS, Panduan LKS dan THB): (a) valid dengan kategori baik, maka perangkat ini layak digunakan sebagai sumber belajar; (b) praktis, baik ditinjau dari keterlaksanaan pembelajaran, penilaian guru, dan respons siswa maupun kesempatan siswa dalam pembelajaran dengan strategi problem solving; c) keefektifan, perangkat pembelajaran mampu meningkatkan hasil pembelajaran siswa dari no learning ke rote learning, rote learning ke meaningfull learning, namun dalam menguatkan hasi belajar siswa yang meaningfull learning masih belum significan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, pengembangan, problem solving.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:42
Last Modified: 09 May 2019 01:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12842

Actions (login required)

View Item View Item