Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bangun Ruang dengan Pendekatan Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Kelas VIII

Sulistyowati, Yuli (2014) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bangun Ruang dengan Pendekatan Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Kelas VIII. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yuli-sulistyowati12709251063.swf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran bangun ruang dengan pendekatan Creative Problem Solving yang berkualitas baik. Kualitas hasil pengembangan ditentukan berdasarkan pada kriteria Nieveen yaitu valid, praktis, dan efektif. Materi yang dikembangkan adalah materi bangun ruang sisi datar pada kelas VIII semester 2. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Model pengembangan yang diterapkan adalah model pengembangan Four-D yang diadaptasi dari Thiagarajan, Semmel, dan Semmel yang hanya memuat tahap define, design, dan develop. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, angket penilaian guru, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket penilaian siswa, dan tes. Analisis data kevalidan dan kepraktisan dilakukan dengan cara mengonversi data kuantitatif berupa skor hasil penilaian menjadi data kualitatif skala lima. Analisis data keefektifan dilakukan dengan cara menentukan persentase ketuntasan belajar siswa. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran bangun ruang dengan pendekatan Creative Problem Solving untuk meningkatkan prestasi belajar dan kemampuan penalaran matematis siswa SMP kelas VIII. Perangkat tersebut terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kegiatan Siswa (LKS), dan instrumen evaluasi yang terdiri dari tes prestasi belajar dan tes kemampuan penalaran matematis. Hasil validasi menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan memiliki kategori sangat valid untuk masing-masing RPP, LKS, dan instrumen evaluasi. Hasil uji coba menunjukkan bahwa RPP dan LKS yang dikembangkan memiliki kategori praktis dan efektif. Kepraktisan mencapai kategori sangat praktis berdasarkan penilaian guru dan mencapai kategori praktis berdasarkan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran dan penilaian siswa. Keefektifan mencapai kategori efektif berdasarkan ketuntasan belajar siswa. Secara klasikal ketuntasan tes prestasi belajar mencapai 76,67% dan tes kemampuan penalaran matematis mencapai 90%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, perangkat pembelajaran, Creative Problem Solving
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:43
Last Modified: 09 May 2019 01:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12841

Actions (login required)

View Item View Item