Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Komitmen Profesional dan Dampaknya pada Kinerja serta Kepuasan Kerja Guru Matematika SMP dan MTs

Zuhdy, Tafqihan (2014) Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Komitmen Profesional dan Dampaknya pada Kinerja serta Kepuasan Kerja Guru Matematika SMP dan MTs. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-zuhdy-tafqihan-11709259001.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh model hubungan kausalitas dari variabel-variabel kompetensi, komitmen profesional, kinerja dan kepuasan kerja guru matematika. Model tersebut harus memiliki tingkat keterpercayaan dan tingkat kecocokan yang baik terhadap data empiris dan mampu menggambarkan hubungan-hubungan antar variabel secara signifikan dan bermakna. Penelitian ini adalah penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru matematika SMP dan MTs di Kabupaten Ponorogo yang berjumlah 262 orang. Berdasarkan rasio ukuran sampel dengan parameter yang diestimasi, sampel sejumlah 82 orang ditentukan melalui teknik two stage cluster random sampling. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner dan lembar penilaian/observasi. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data komitmen profesional dan kepuasan kerja guru matematika, sedangkan lembar penilaian/observasi digunakan untuk mengumpulkan data kompetensi dan kinerja guru matematika. Data yang diperoleh dianalisis dengan metode Structural Equation Modeling (SEM) melalui lima tahapan, yaitu: (1) spesifikasi model, (2) identifikasi model, (3) estimasi model, (4) evaluasi model, dan (5) respesifikasi model. Hasil uji kecocokan model menunjukkan nilai probabilitas chi square untuk model pengukuran melalui Confirmatory Factor Analysis (CFA) adalah 0,074; sedangkan hasil uji kecocokan model untuk model struktural menunjukkan nilai probabilitas chi square sebesar 0,088. Kedua nilai probabilitas tersebut menunjukkan bahwa model secara keseluruhan adalah cocok (fit) dengan data empiris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif kompetensi terhadap komitmen profesional sebesar 15,9%; (2) terdapat pengaruh positif kompetensi terhadap kinerja sebesar 63,6%; (3) terdapat pengaruh positif komitmen profesional terhadap kinerja sebesar 15,9%; dan (4) terdapat pengaruh positif komitmen profesional terhadap kepuasan kerja sebesar 37,8%. Hasil-hasil penelitian di atas dapat mengkonfirmasi kesimpulan penelitian-penelitian sebelumnya.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kompetensi guru, komitmen profesional, kinerja, kepuasan kerja, Structural Equation Modeling (SEM)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:44
Last Modified: 09 May 2019 01:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12840

Actions (login required)

View Item View Item