Pengembangan Subject-Specific Pedagogy (SSP) Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Sikap Positif terhadap Sains Peserta Didik SMP.

Zaid, Zairinsyah (2014) Pengembangan Subject-Specific Pedagogy (SSP) Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Sikap Positif terhadap Sains Peserta Didik SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-zairinsyah-zaid-12708259013.swf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kelayakan SSP berbasis kearifan lokal yang dikembangkan untuk meningkatkan motivasi belajar dan sikap positif terhadap sains peserta didik SMP, dan (2) mengetahui peningkatan motivasi belajar dan sikap positif terhadap sains peserta didik SMP, setelah mengikuti kegiatan pembelajaran sains menggunakan SSP berbasis kearifan lokal yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode research and development dengan langkah-langkah: (1) research and information, (2) planning, (3) develop preliminary form of product, (4) preliminary field testing, (5) main product revision, (6) main field testing, dan (7) final product revision. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 11 Batam, Kepulauan Riau. Subjek coba dalam penelitian ini adalah 40 orang peserta didik kelas VII dengan perincian: 8 orang peserta didik untuk uji coba lapangan terbatas, dan 32 orang peserta didik untuk uji coba lapangan utama. Penelitian ini menggunakan lembar validasi produk berupa angket, serta instrumen pengumpul data berupa lembar observasi, lembar angket motivasi belajar sains, lembar angket sikap positif terhadap sains, dan lembar soal evaluasi hasil belajar. Data yang diperoleh dari penelitian ini terdiri dari data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif berupa komentar dan saran dari dosen ahli, teman sejawat, dan pendidik sains sebagai validator, serta respon peserta didik yang digunakan untuk memperbaiki SSP berbasis kearifan lokal yang dikembangkan. Data kuantitatif berupa hasil analisis dengan statistik deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah konversi skor menjadi nilai skala lima dengan kriteria dan kategori, analisis signifikansi dengan uji-t, serta analisis gain ternormalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) SSP berbasis kearifan lokal hasil pengembangan, layak digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar dan sikap positif terhadap sains peserta didik SMP; (2) kualitas SSP berbasis kearifan lokal yang dikembangkan, baik silabus, RPP, bahan ajar, LKPD, maupun evaluasi hasil belajar, menurut dosen ahli, teman sejawat, pendidik sains, dan peserta didik, memiliki kategori sangat baik; (3) proses pembelajaran sains menggunakan SSP berbasis kearifan lokal yang dikembangkan, dapat terlaksana dengan baik; (4) pembelajaran sains menggunakan SSP berbasis kearifan lokal hasil pengembangan, mampu meningkatkan motivasi belajar dan sikap positif terhadap sains peserta didik SMP secara signifikan; dan (5) peningkatan hasil belajar peserta didik setelah mengikuti pembelajaran sains menggunakan SSP berbasis kearifan lokal yang dikembangkan, berkategori sedang

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: subject-specific pedagogy, kearifan lokal, motivasi belajar, sikap positif terhadap sains
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:44
Last Modified: 09 May 2019 01:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12835

Actions (login required)

View Item View Item