Winarto, Winarto (2014) Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Karakter untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Literasi Sains Peserta Didik SMP. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-winarto-12708251071.swf Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) kelayakan perangkat pembelajaran IPA berbasis karakter, (2) peningkatan sikap ilmiah peserta didik SMP setelah mengikuti pembelajaran yang mengimplementasikan perangkat pembelajaran IPA berbasis karakter, dan (3) peningkatan literasi sains peserta didik SMP setelah mengikuti pembelajaran yang mengimplementasikan perangkat pembelajaran IPA berbasis karakter. Penelitian ini merupakan research & development yang menggunakan model pengembangan Borg & Gall (1983). Prosedur penelitian ini meliputi (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) penyusunan draf produk, (4) validasi produk, (5) revisi dan uji coba, (6) kajian akhir produk, dan (7) diseminasi. Subjek uji coba validasi produk yaitu peserta didik kelas VII F dan VII G SMP N 1 Sleman D. I.Y. Teknik pengambilan data menggunakan metode observasi, angket, dan tes. Instrumen pengambilan data yang digunakan adalah lembar penilaian kelayakan perangkat, lembar observasi sikap ilmiah, lembar angket sikap ilmiah, lembar keterlaksanaan RPP, dan soal tes ranah pengetahuan bentuk pilihan ganda. Hasil penilaian kelayakan perangkat, observasi sikap ilmiah, dan respon angket dikonversi menggunakan skala 4 menurut Mardapi (2008). Hasil tes ranah pengetahuan yang diperoleh kemudian dicari nilai gain skor menurut Hake (2007). Keterlaksanaan RPP dicari dari besarnya persentase. Hasil penelitian ini berupa produk perangkat pembelajaran IPA berbasis karakter pada tema Hujan Asam kelas VII SMP dengan kelayakan produk mendapatkan nilai A dan rata-rata skor total ≥ 3,1. Sikap ilmiah peserta didik kelas VII SMP setelah mengikuti pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran IPA berbasis karakter mengalami peningkatan dan mendapatkan nilai A dengan kategori sangat baik. Literasi sains peserta didik kelas VII SMP setelah mengikuti pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran IPA berbasis karakter mengalami peningkatan dan rata-rata perolehan gain skor peserta didik sebesar 0,52 dengan kategori sedang serta persentase Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) hasil belajar sebesar 100%.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perangkat IPA, sikap ilmiah, literasi sains, karakter |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 12 Mar 2015 06:44 |
Last Modified: | 09 May 2019 01:26 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12831 |
Actions (login required)
View Item |