Efektivitas Model Kooperatif Metode Jigsaw dan Make A Match Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mata Kuliah Arsitektur dan Organisasi Komputer Program Studi PTIK STKIP PGRI Pontianak

Santoso, Danar (2015) Efektivitas Model Kooperatif Metode Jigsaw dan Make A Match Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mata Kuliah Arsitektur dan Organisasi Komputer Program Studi PTIK STKIP PGRI Pontianak. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-danar santoso-12702259013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan keefektifan kualitas proses pembelajaran yang dilakukan dosen ditinjau berdasarkan penilaian rekan sejawat pada mata kuliah Arsitektur dan Organisasi Komputer; (2) mendeskripsikan keefektifan kualitas proses pembelajaran dilihat dari interaksi mahasiswa pada mata kuliah Arsitektur dan Organisasi Komputer; (3) menguji keefektifan antara model kooperatif metode Jigsaw dan metode Make A Match dan metode konvensional pada mata kuliah Arsitektur dan Organisasi Komputer dalam meningkatkan kualitas hasil belajar mahasiswa; dan (4) mengetahui perbedaan kualitas hasil belajar model kooperatif metode Jigsaw, metode Make A Match dan metode konvensional pada mata kuliah Arsitektur dan Organisasi Komputer. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Experiment, karena tidak semua variabel dapat dikontrol oleh peneliti yang perlakuannya diatur oleh peneliti. Desain dalam penelitian ini menggunakan Pretest-Postest Control Group Design dengan kelompok non ekuivalen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik semester 4 dari Program Studi PTIK STKIP PGRI Pontianak. Sampel dipilih menggunakan teknik Simple Random Sampling dari jumlah 6 kelas diacak menjadi 3 kelas yaitu kelas eksperimen (A Sore dan C Sore) serta kelas kontrol (B Pagi), masing-masing kelas terdiri dari 34 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar dan observasi. Observasi dilakukan untuk memperoleh informasi terkait kualitas pembelajaran yang diukur berdasarkan interaksi dosen dan mahasiswa. Pengumpulan data Hasil belajar dilakukan sebelum perlakuan dengan (pretest), dan setelah perlakuan (posttest). Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dengan uji Paired Sampel t-tes dan One Way Anova pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kualitas proses pembelajaran yang dilakukan oleh dosen kelas eksperimen baik metode jigsaw maupun metode make a match lebih efektif dibandingkan dengan kelas kontrol baik itu pertemuan pertama dan pertemuan kedua; (2) kualitas proses pembelajaran dilihat dari interaksi mahasiswa pada pertemuan pertama lebih efektif dibandingkan dengan interaksi mahasiswa pada pertemuan kedua; (3) Hasil uji hipotesis dengan One Way Anova metode Jigsaw dan Make A Match lebih efektif dibandingkan menggunakan metode konvensional; dan (4) hasil uji hipotesis dengan Paired Sampel t-tes pertemuan pertama dan pertemuan kedua terdapat perbedaan yang signifikan antara pretest dan postest untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Jigsaw, Make A Match
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:42
Last Modified: 12 Sep 2022 02:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12828

Actions (login required)

View Item View Item