Pengembangan Tes Minat dan Bakat dengan Metode Jaringan Syaraf Tiruan untuk Memprediksi Potensi Siswa dalam Bidang Robotika

Asmara, Andik (2015) Pengembangan Tes Minat dan Bakat dengan Metode Jaringan Syaraf Tiruan untuk Memprediksi Potensi Siswa dalam Bidang Robotika. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-andik-asmara-12702251047.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan model tes minat dan bakat dengan metode jaringan syaraf tiruan; (2) memperoleh hasil uji fungsionalitas tes minat dan bakat yang dikembangkan dengan model Jaringan Syaraf Tiruan (JST); dan (3) mengetahui hasil unjuk kerja dari pengujian tes minat dan bakat dengan model jaringan syaraf tiruan untuk memprediksi potensi siswa bidang robotika. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development, R&D) yang mencakup delapan langkah kegiatan, yaitu: identifikasi kebutuhan, pengembangan produk awal, evaluasi dan pengujian internal, penyempurnaan produk tahap pertama, ujicoba sekala terbatas, penyempurnaan produk tahap kedua, ujicoba skala lebih luas, dan finalisasi produk. Pengujian produk melibatkan melibatkan 2 ahli dalam bidang psikologi pendidikan minat dan bakat, 1 ahli dalam bidang tes berbantuan komputer, dan 1 ahli dalam bidang jaringan syaraf tiruan. Subjek uji coba dibagi menjadi dua, uji coba secara terbatas pada 10 siswa diklat Robota Jogja, dan uji coba secara luas pada siswa kelas XI Teknik Otomasi Industri SMKN 2 Depok Sleman sebanyak 31 siswa. Kesimpulan dari penelitian pengembangan ini adalah: (1) keberhasilan produk yang dikembangkan dengan beberapa spesifikasi model yaitu; (a) JST dibangun dengan struktur single layer, jawaban tes sebagai masukan dan kesimpulan hasil tes sebagai keluaran; (b) model pembelajaran JST menggunakan metode perceptron dengan model aktifasi pada JST menggunakan model bipolar (symmetric hard limit); dan (c) pengembangan bank soal sebagai data base berdasar keahlian yang mendasari robotika, yaitu mesin, elektro, komputer dan matematik, terdiri dari 15 soal minat dan 30 soal bakat. (2) Hasil pengujian pada fungsionalitas masing-masing bagian menunjukan seperti berikut: (a) penilaian antarmuka memperoleh nilai 3.03 dari nilai maksimum 4, juga didukung hasil validasi ahli menunjukkan layak digunakan; (b) Fungsi dari struktur jaringan menunjukan masukan berupa tes dan keluaran berupa kesimpulan hasil tes berjalan baik. Diperkuat hasil validasi ahli menunjukan struktur jaringan yang dibangun telah tepat dan layak; dan (c) Proses pembelajaran secara terbimbing dengan 10 pola mendapatkan bobot yang dapat membedakan 10 pola dengan tepat, berdasar pengujian secara terbalik. (3) Pengujian secara luas menunjukan produk yang dibangun mampu memprediksi potensi siswa dalam bidang robotika, dengan membedakan 31 pola hasil tes siswa yang berbeda dengan menggunakan bobot yang didapat dari 10 pola pembelajaran.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Tes Minat dan Bakat, Jaringan Syaraf Tiruan, Robotika
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:42
Last Modified: 09 May 2019 01:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12827

Actions (login required)

View Item View Item