Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Kurikulum 2013 untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Menanamkan Nilai Kejujuran serta Tanggung Jawab Peserta Didik SMP

Susbiyanto, Susbiyanto (2014) Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Kurikulum 2013 untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Menanamkan Nilai Kejujuran serta Tanggung Jawab Peserta Didik SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-susbiyanto- 12708251058.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) kelayakan perangkat pembelajaran IPA berbasis Kurikulum 2013, (2) peningkatan keterampilan proses dan (3) peningkatan karakter kejujuran dan tanggung jawab peserta didik SMP setelah mengikuti pembelajaran dengan mengimplementasikan perangkat pembelajaran IPA berbasis Kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research & Development) menggunakan model pengembangan Borg & Gall (1983). Prosedur penelitian ini meliputi (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) penyusunan draf produk, (4) validasi produk, (5) revisi dan uji coba, (6) kajian akhir produk, dan (7) diseminasi. Subjek uji coba validasi produk yaitu peserta didik kelas VII B, VII D, dan VII G SMP N 1 Imogiri Bantul D. I.Y. Teknik pengambilan data dengan metode observasi, angket, dan tes. Instrumen pengambilan data yang digunakan yaitu lembar penilaian perangkat pembelajaran, lembar observasi keterampilan proses, lembar observasi karakter kejujuran dan tanggung jawab, lembar keterlaksanaan RPP, lembar angket karakter peserta didik, serta soal tes ranah pengetahuan bentuk pilihan ganda. Hasil penilaian perangkat pembelajaran, observasi keterampilan proses, observasi nilai kejujuran dan tanggung jawab, serta lembar angket penilaian karakter peserta didik dikonversi menggunakan skala 4. Hasil tes ranah pengetahuan yang diperoleh dihitung nilai gain skornya menurut Hake (2007). Keterlaksanaan RPP dicari dengan menghitung persentase keterlaksanaannya. Hasil penelitian ini berupa perangkat pembelajaran IPA berbasis Kurikulum 2013 untuk kelas VII SMP dengan tema keterpaduan “Suhu Bumiku Meningkat” berupa silabus, RPP, LKPD dan Instrumen penilaian. Hasil penilaian kelayakan perangkat pembelajaran valid menurut validator dengan kategori “sangat baik”. Hasil uji coba lebih luas menunjukan bahwa keterampilan proses peserta didik kelas VII G setelah mengikuti pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran IPA berbasis Kurikulum 2013 mengalami peningkatan dengan rata-rata skor total ≥ 3,1, kategori “sangat baik”. Karakter kejujuran dan tanggung jawab peserta didik kelas VII G setelah mengikuti pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran IPA berbasis Kurikulum 2013 mengalami peningkatan dan mendapatkan nilai A dengan kategori “sangat baik”. Rata-rata perolehan gain skor peserta didik kelas eksperimen 0,32 dengan ketegori “sedang” pada kelas kontrol perolehan gain skor 0,26 dengan kategori “rendah”.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat IPA, keterampilan proses, kejujuran dan tanggung jawab, kurikulum 2013
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:43
Last Modified: 09 May 2019 01:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12826

Actions (login required)

View Item View Item