Peran Kepala Sekolah dan Pustakawan dalam Pemberdayaan Perpustakaan SD Muhammadiyah Sapen dan SD Negeri Giwangan Yogyakarta

Bagyoastuti, Widya setyaningrum (2015) Peran Kepala Sekolah dan Pustakawan dalam Pemberdayaan Perpustakaan SD Muhammadiyah Sapen dan SD Negeri Giwangan Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-widya-setyaningrum-bagyoastuti-12703251007.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) peran kepala sekolah dalam memberdayakan perpustakaan sekolah dasar, dan (2) peran pustakawan dalam memberdayakan perpustakaan sekolah dasar. Penelitian yang dilaksanakan pada bulan April hingga Juli 2014 ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif jenis studi kasus dan subjek penelitian Perpustakaan SD Muhammadiyah Sapen dan Perpustakaan SD Negeri Giwangan. Key informan yang terlibat adalah kepala sekolah dan pustakawan pada subjek yang bersangkutan disertai dengan informan dari kelompok pemustaka guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Peneliti sebagai instrumen penelitian memanfaatkan pedoman observasi, wawancara, dan lembar analisis dokumen sebagai instrumen pendamping dan didukung oleh peralatan rekam audiovisual. Validasi data dilakukan dengan mengaplikasikan empat cara, yaitu memperpanjang masa observasi, triangulasi data, peer debriefing, dan member check. Teknik analisis yang diterapkan mengacu pada analisis data model interaktif Miles dan Huberman, yang meliputi pengumpulan, reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberdayaan perpustakaan sekolah dasar dimulai manakala terdapat dukungan kepala sekolah dan hadirnya pustakawan penuh waktu yang profesional. Kepala sekolah berperan sebagai (1) manajer sekolah, (2) pemimpin instruksional, dan (3) agen perubahan. Pustakawan berperan sebagai (1) manajer perpustakaan, (2) ahli informasi dan penggiat literasi informasi, (3) pelaku instruksional, dan (4) kolaborator. Pemberdayaan perpustakaan dapat dilakukan dengan (1) meningkatkan partisipasi warga sekolah dalam pengembangan koleksi pustaka, (2) meningkatkan kolaborasi antara pustakawan dengan guru dalam pembelajaran, dan (3) pengembangan literasi informasi yang terintegrasi ke dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: peran kepala sekolah, peran pustakawan, pemberdayaan perpustakaan sekolah
Subjects: Manajemen
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:42
Last Modified: 09 May 2019 01:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12825

Actions (login required)

View Item View Item