Pengaruh Pendekatan STS dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe GI terhadap Kemampuan Mengambil Keputusan, Keterampilan Kerjasama Dan Hasil Belajar Fisika Siswa di SMA

Sunarti, Sunarti (2014) Pengaruh Pendekatan STS dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe GI terhadap Kemampuan Mengambil Keputusan, Keterampilan Kerjasama Dan Hasil Belajar Fisika Siswa di SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sunarti-12708251051.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pendekatan STS (Science Technology Society) dalam pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation) terhadap: (1) Kemampuan Mengambil Keputusan, (2) Keterampilan Kerjasama, (3) Hasil Belajar Fisika, dan (4) Kemampuan Mengambil Keputusan, Keterampilan Kerjasama dan Hasil Belajar Fisika Siswa di SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi-eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 4 yogyakarta pada semester kedua tahun ajaran 2013/2014. Sampel dipilih sebanyak dua kelas dengan menggunakan teknik cluster random sampling sehingga didapat dua kelas sebagai sampel penelitian. Kelompok eksperimen diberi perlakuan menggunakan pendekatan STS model pembelajaran kooperatif tipe GI dan kelompok kontrol diberi metode pembelajaran konvensional yaitu metode Direct Instruction dan diskusi kelompok. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes seperti tes Pilihan Ganda (PG) dan Uraian serta teknik nontes seperti teknik tes observasi, peer assessment dan angket. Untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mengambil keputusan, digunakan teknik tes uraian. Untuk mengetahui keterampilan kerjasama siswa digunakan teknik observasi dan peer assessment. Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada aspek kognitif digunakan teknik tes PG dan uraian. Untuk mengetahui hasil belajar aspek afektif siswa digunakan teknik nontes observasi dan angket. Untuk mengetahui hasil belajar aspek psikomotorik siswa digunakan teknik nontes observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t (paired test dan independent samples test) dan uji multivariate (MANOVA) dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan pada penerapan pendekatan STS dalam pembelajaran kooperatif tipe GI terhadap: (1) Kemampuan Mengambil Keputusan, (2) Keterampilan Kerjasama, (3) Hasil Belajar Fisika, dan (4) Kemampuan Mengambil Keputusan, Keterampilan Kerjasama dan Hasil Belajar Fisika Siswa di SMA. Pendekatan STS dalam pembelajaraan kooperatif tipe GI lebih berpengaruh secara signifikan daripada metode konvensional yang biasa digunakan di SMA Negeri 4 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendekatan STS, pembelajaran kooperatif tipe GI, kemampuan mengambil keputusan, keterampilan kerjasama, hasil belajar Fisika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:43
Last Modified: 09 May 2019 01:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12822

Actions (login required)

View Item View Item