Pengembangan LKPD Berbasis Domain Proses Sains untuk Meningkatkan Ketrampilan Proses dan Pemahaman Konsep Peserta Didik SMP

Suhadi, Suhadi (2014) Pengembangan LKPD Berbasis Domain Proses Sains untuk Meningkatkan Ketrampilan Proses dan Pemahaman Konsep Peserta Didik SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-suhadi-12708259002.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis domain proses sains yang layak untuk pembelajaran sains berdasarkan penilaian ahli dan hasil uji lapangan, (2) mengetahui keefektifan LKPD yang dikembangkan dalam peningkatan ketrampilan proses sains, dan (3) mengetahui keefektifan LKPD yang dikembangkan dalam peningkatan pemahaman kosep sains. Penelitian ini merupakan research and development yang mengadaptasi model pengembangan Borg & Gall dengan melalui tujuh tahap pengembangan yaitu: (1) penelitian pendahuluan; (2) perencanaan; (3) pengembangan bentuk produk awal; (4) uji coba lapangan produk awal (uji coba terbatas); (5) revisi produk utama;(6) uji coba lapangan; dan (7) revisi produk berdasarkan uji coba lapangan untuk menghasilkan produk akhir. Subjek coba pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Gedangsari yang terdiri dari sembilan peserta didik pada saat uji coba kelompok kecil dan 64 peserta didik pada uji coba lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner, lembar observasi, jawaban LKPD berbasis domain proses sains, dan pretest dan posttest. Validasi produk dilakukan oleh dua orang ahli (materi dan media), dua orang pendidik sains, dua orang teman sejawat, serta sembilan orang peserta didik. Analisis data ‎menggunakan independent sample t-test untuk ketrampilan proses dan pemahaman konsep peserta didik.‎ Hasil penelitian menunjukkan: (1) analisis data hasil LKPD berbasis domain proses sains yang dikembangkan layak untuk pembelajaran sains ditinjau dari materi, penyajian, kebahasaan dan kegrafikaan; (2) pembelajaran sains dengan menggunakan LKPD yang dikembangkan efektif dapat meningkatkan ketrampilan proses, melalui analisis independent sample t-test yang menghasilkan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 dengan rata-rata skor 3,49 untuk kelas kontrol dan 4,47 untuk kelas eksperimen dengan nilai maksimum 5,00; dan (3) pembelajaran sains dengan menggunakan LKPD yang dikembangkan efektif dapat meningkatkan pemahaman konsep, melalui analisis independent sample t-test yang menghasilkan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 dengan teknik nilai beda skor posttest dan skor pretest. Persentase ketuntasan belajar 0% pada kelas kontrol dan 55,9% pada kelas eksperimen dengan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal sains 73.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: LKPD berbasis domain proses sains, keterampilan proses, pemahaman konsep
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:43
Last Modified: 09 May 2019 01:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12821

Actions (login required)

View Item View Item