Pengembangan Media Audiovisual Dengan Pendekatan SETS Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Suriawati, Sri (2014) Pengembangan Media Audiovisual Dengan Pendekatan SETS Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sri-suriawati-12708251013.swf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media audiovisual dengan pendekatan SETS yang berkualitas sehingga layak digunakan dalam pembelajaran fisika; (2) mengetahui tingkat hasil kemampuan berpikir kritis siswa setelah menggunakan media audiovisual dengan pendekatan SETS hasil pengembangan; dan (3) mengetahui perbedaan hasil kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas yang menggunakan media audiovisual dengan pendekatan SETS dan yang tidak menggunakan media audiovisual dengan pendekatan SETS. Penelitian dan pengembangan ini merupakan (R&D) yang mengacu pada tujuh langkah yaitu (1) melakukan pengumpulan informasi; (2) melakukan perancangan; (3) mengembangkan bentuk produk awal; (4) melakukan ujicoba lapangan permulaan; (5) melakukan revisi terhadap produk utama; (6) melakukan ujicoba lapangan utama; dan (7) melakukan revisi terhadap uji lapangan utama. Penilaian produk dilakukan oleh dua orang ahli materi dan ahli media, dua guru fisika, 2 orang teman sejawat, siswa uji terbatas dan siswa uji lapangan. Uji coba produk dilakukan kepada siswa kelas X SMA N 1 Bantul, dengan rincian 9 siswa untuk uji coba terbatas, dan 27 siswa untuk uji coba lapangan. Instrumen pengumpulan data adalah lembar angket, lembar observasi, dan lembar soal pretest dan posttest. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) media audiovisual dengan pendekatan SETS yang dikembangkan telah sesuai dengan kriteria yang ditetapkan, dengan kriteria pada media sangat baik dan pada materi baik, sehingga media audiovisual telah layak untuk digunakan; (2) pencapaian peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah menggunakan media audiovisual dengan pendekatan SETS adalah 0,25 yang termasuk dalam kategori rendah; dan (3) media audiovisual dengan pendekatan SETS telah diuji statistik bahwa terdapat perbedaan pada hasil kemampuan berpikir kritis antara kelas yang menggunakan media audiovisual dengan pendekatan SETS dengan kelas yang tidak menggunakan media audiovisual dengan pendekatan SETS.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media audiovisual, SETS, kemampuan berpikir kritis
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:43
Last Modified: 09 May 2019 01:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12818

Actions (login required)

View Item View Item