Studi Ketercapaian Learning Outcomes KKNI Level 6 Guru Fisika SMA/MA/SMK Lulusan UNY dan Kemampuannya Mengembangkan Leadership dalam Pembelajaran

Sarah, Siti (2014) Studi Ketercapaian Learning Outcomes KKNI Level 6 Guru Fisika SMA/MA/SMK Lulusan UNY dan Kemampuannya Mengembangkan Leadership dalam Pembelajaran. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-siti-sarah-12708251001.swf

Download (21B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) seberapa tinggi ketercapaian learning outcomes KKNI level 6 guru fisika SMA/MA/SMK lulusan UNY dan (2) seberapa tinggi kemampuan guru fisika SMA/MA/SMK lulusan UNY dalammengembangkan leadership melalui pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah guru fisika SMA/MA/SMK lulusan pendidikan fisika UNY yang mengajar fisika di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan belum memiliki sertifikat pendidik. Teknik pengumpulan data berupa teknik pengisian lembar angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa lembar angket digunakan untuk menilai ketercapaian learning outcomes KKNI level 6 dan leadership guru dalam pembelajaran. Lembar angket diisioleh guru fisika, kepala sekolah, teman sejawat guru fisika, dan siswa. Lembar observasi digunakan untuk mengobservasi guru saat mengajar.Lembar wawancara digunakan sebagai pedoman wawancara dengan guru fisika dan kepala sekolah. Lembar dokumen digunakan untuk menilai data guru berupa silabus, RPP, dan dokumen lain yang berhubungan dengan kegiatan mengajar.Instrumen divalidasi dari segi isi dan konstruk oleh ahli. Ujicoba instrumen hanya dikenakan pada lembar angket yang diisi siswa.Analisis deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis data hasil wawancaradan kejadian penting selama observasi proses pembelajaran, sedangkan analisis deskriptif kuantitatifdigunakan untuk menganalisis data hasilpenilaian dokumentasi, angket, dan observasi dengan cara membandingkan skor dari observer dengan kriteria penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa(1) sebanyak 90% guru fisika SMA/MA/SMK lulusan UNY di DIY mencapai learning outcomes KKNI level 6dengan rata-ratapersentase ketercapaian 92%,(2) sebanyak 90% guru fisika SMA/MA/SMK lulusan UNY di DIY mampu mengembangkan leadership dalam pembelajarandengan rata-rata persentase ketercapaian 93%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: learning out, KKNI level 6, guru fisika, leadership
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:43
Last Modified: 09 May 2019 01:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12815

Actions (login required)

View Item View Item