Keterlaksanaan Pembelajaran Berorientasi Keterampilan Proses Sains pada Mata Pelajaran IPA SMP Kelas VII di Kota Pekalongan Ditinjau dari Faktor Latar Belakang Guru

Izzah, Siti Nurul (2014) Keterlaksanaan Pembelajaran Berorientasi Keterampilan Proses Sains pada Mata Pelajaran IPA SMP Kelas VII di Kota Pekalongan Ditinjau dari Faktor Latar Belakang Guru. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-siti-nurul-izzah-12708259006.swf

Download (20MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan persepsi guru IPA SMP Kelas VII terhadap arti penting keterampilan proses sains dan keterlaksanaan pembelajaran berorientasi keterampilan proses sains ditinjau dari faktor latar belakang guru. Penelitian ini merupakan penelitian survei yang bersifat evaluatif terbatas untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran berorientasi keterampilan proses sains pada mata pelajaran IPA SMP Kelas VII di Kota Pekalongan. Instrumen pada penelitian ini berupa kuesioner guru dan peserta didik yang diadaptasi dari rumusan learning continuum keterampilan proses sains sebagai abstract continuum yang dikembangkan oleh Bambang Subali (2009). Survei penelitian ini melibatkan seluruh guru IPA dan 568 peserta didik yang ditentukan secara acak sebagai sampel. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif dengan menggunakan tabel kontingensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir semua responden menyatakan bahwa membelajarkan keterampilan proses sains pada semua aspek keterampilan adalah hal yang penting. Keterlaksanaan pembelajaran keterampilan proses sains aspek keterampilan dasar relatif sama ditinjau dari lama pengalaman mengajar, tingkat keterampilan menggunakan TIK dan jenis kelamin. Sebagian besar responden menyatakan sering membelajarkan aspek keterampilan dasar disertai dengan contoh. Keterlaksanaan pembelajaran keterampilan proses sains aspek keterampilan mengolah tidak menunjukkan perbedaan jika ditinjau dari lama pengalaman mengajar. Lebih dari setengah jumlah responden menyatakan sering membelajarkan aspek keterampilan mengolah disertai dengan contoh. Keterlaksanaan pembelajaran keterampilan proses sains aspek keterampilan mengolah terdapat perbedaan ditinjau dari tingkat keterampilan menggunakan TIK dan jenis kelamin. Keterlaksanaan pembelajaran keterampilan proses sains aspek keterampilan menginvestigasi terdapat perbedaan ditinjau dari lama pengalaman mengajar, tingkat keterampilan menggunakan TIK dan jenis kelamin. Persentase keterlaksanaan, baik aspek keterampilan mengolah maupun aspek keterampilan menginvestigasi, yang dicapai kelompok terampil menggunakan TIK lebih besar bila dibandingkan dengan kelompok kurang terampil menggunakan TIK. Persentase keterlaksanaan, baik aspek keterampilan mengolah maupun aspek keterampilan menginvestigasi, yang dicapai responden laki-laki lebih besar bila dibandingkan responden perempuan. Persentase keterlaksanaan aspek keterampilan menginvestigasi kelompok pengalaman mengajar 6-10 tahun lebih besar bila dibandingkan kelompok pengalaman mengajar 1-5 tahun dan lebih dari 10 tahun.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keterlaksanaan, keterampilan proses sains, latar belakang guru
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:42
Last Modified: 09 May 2019 01:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12814

Actions (login required)

View Item View Item