Pengembangan Alat Tes Kemampuan Menyimak (Comprèhension Orale) DELF Tingkat A1 Berbasis Web di Jurusan Pendidikan Bahasa Prancis Universitas Negeri Yogyakarta

Batubara, Rizda Endean Ngoluanta (2015) Pengembangan Alat Tes Kemampuan Menyimak (Comprèhension Orale) DELF Tingkat A1 Berbasis Web di Jurusan Pendidikan Bahasa Prancis Universitas Negeri Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rizda-endean-ngoluanta-batubara-12706251057.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan alat tes kemampuan menyimak DELF tingkat A1 berbasis web untuk mahasiswa/i semester dua, di Jurusan Pendidikan Bahasa Prancis Universitas Negeri Yogyakarta, tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Produk penelitian ini adalah tes berbasis web. Validasi tes dilakukan oleh ahli materi DELF dan validasi web dilakukan oleh ahli media. Proses pengembangan CO DELF tingkat A1 berbasis web terdiri atas dua tahap, yaitu tahap pengembangan tes dan pengembangan web. Tahap pengembangan tes diawali dengan penyusunan kisi-kisi, menyusun butir-butir soal dan ditelaah butir tes oleh ahli serta direvisi, uji coba tes, dan analisis butir tes. Selanjutnya tahap pengembangan web diawali dengan mendesain flowchart dan storyboard serta pembuatan produk, kemudian produk divalidasi oleh ahli media, direvisi dan diuji coba lapangan. Penelitian ini telah menghasilkan tes evaluasi hasil belajar kemampuan menyimak (Comprèhension Orale) DELF tingkat A1 yang baik dari segi isi tes baik dan memiliki koefisien reliabilitas tes 0.671 dengan kategori sedang. Hasil penilaian dari aspek sistem web adalah skor rerata 11,02 berkategori sangat baik. Hasil penilaian dari aspek tampilan web adalah skor rerata 8,64. Dapat disimpulkan bahwa hasil uji coba lapangan yang diperoleh adalah jumlah (total aspek sistem dan aspek tampilan) 945 dengan rerata 4,82. Dari hasil tersebut tes CO DELF A1 berbasis web ini memiliki kriteria sangan baik (SB) dan layak digunakan sebagai sistem ujian online di Jurusan Pendidikan Bahasa Prancis, FBS UNY.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: tes berbasis web, tes kemampuan menyimak DELF A1
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:42
Last Modified: 09 Nov 2022 04:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12813

Actions (login required)

View Item View Item