Darojah, Ridan umi (2015) Pengembangan Buku Ajar Keterampilan Menulis Berdasarkan Pendekatan Genre bagi Siswa SMP Kelas VII. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-ridan-umi-darojah-12706251050.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki dua tujuan sebagai berikut. (1) Menghasilkan buku ajar yang layak ditinjau dari aspek kelayakan isi, aspek bahasa dan gambar, aspek penyajian, dan aspek kegrafisan menurut ahli dan guru bahasa Indonesia. (2) Mengetahui keefektifan penggunaan buku ajar dalam pembelajaran keterampilan menulis teks. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Pengembangan dilakukan dengan mengacu pada modifikasi model Sugiyono dan model Borg & Gall yang diadopsi menjadi 6 tahap, yaitu: (1) studi pendahuluan yang terdiri dari studi pustaka dan studi lapangan, (2) perencanaan desain produk buku ajar, (3) validasi produk, (4) uji coba, (5) produk akhir, dan (6) penyebaran produk. Validasi produk dilakukan oleh dua ahli materi dan lima guru bahasa Indonesia. Uji coba dilakukan pada 10 siswa kelompok kecil dan 30 siswa kelompok besar di SMPN 8 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, angket, tes menulis, dan dokumentasi. Saran terhadap buku ajar hasil pengembangan pada tahap uji coba tertentu digunakan sebagai dasar perbaikan buku ajar pada uji coba tahap berikutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku pelajaran Mahir Menulis berdasarkan pendekatan genre untuk siswa SMP kelas VII layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan hasil penilaian ahli ditinjau dari aspek kelayakan isi berkualitas baik, aspek bahasa dan gambar berkualitas baik, aspek penyajian berkualitas baik, dan aspek kegrafisan berkualitas baik. Pembelajaran dengan buku ajar dinilai efektif karena dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam kegiatan menulis teks yang ditunjukkan oleh peningkatan skor postes terhadap pretes sebesar 8,27 dan presentase ketuntasan belajar sebesar 86%. Pembelajaran menggunakan buku ajar mampu melatih kemandirian siswa dalam belajar, kemampuan siswa berpikir kritis, dan bersikap kreatif.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan buku ajar, menulis, pendekatan genre |
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 12 Mar 2015 06:42 |
Last Modified: | 09 Nov 2022 07:28 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12812 |
Actions (login required)
View Item |