Zuhri, Rois Saiffudin (2014) Pemetaan Kompetensi Guru Fisika SMA di Wilayah Kabupaten Sleman. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-rois-saifuddin-zuhri- 11708251018.swf Download (92MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui peta kompetensi profesional guru fisika SMA di wilayah Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, (2) Mengetahui peta kompetensi pedagogik guru fisika SMA di wilayah Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, (3) Mengetahui peta kompetensi kepribadian guru fisika SMA di wilayah Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, serta (4) Mengetahui peta kompetensi sosial guru fisika SMA di wilayah Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif evaluatif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru-guru fisika SMA di wilayah Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman. Pengambilan data dilakukan dengan teknik sampling sehingga diperoleh sampel berjumlah 32 guru fisika SMA dari 15 SMA di wilayah Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara proporsional stratified random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan non tes. Instrumen pengumpulan data berupa lembar angket, lembar observasi, pedoman wawancara, lembar analisis dokumen, dan keabsahan data. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif yang dikonversikan menjadi data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) berdasarkan hasil penilaian kompetensi profesional guru fisika di Kabupaten Sleman diperoleh gambaran bahwa kemampuan menguasai substansi keilmuan terkait dengan bidang studi yang diampu (aspek 1) memiliki kategori “Sangat Baik” dan kemampuan menguasai struktur serta metode keilmuan (aspek 2) memiliki kategori “Cukup Baik”. (2) berdasarkan hasil penilaian kompetensi pedagogik guru fisika di Kabupaten Sleman diperoleh gambaran bahwa secara keseluruhan kompetensi pedagogik guru fisika di Kabupaten Sleman memiliki kategori “Baik”. (3) berdasarkan hasil penilaian oleh kepala sekolah, rekan sejawat, dan guru yang bersangkutan terungkap bahwa secara keseluruhan kompetensi kepribadian guru fisika memiliki kategori “Sangat baik”. Penilaian siswa tehadap kompetensi kepribadian guru fisika ini memiliki kategori “Baik”. (4) berdasarkan hasil penilaian oleh kepala sekolah, rekan sejawat, dan guru yang bersangkutan terungkap bahwa kompetensi sosial guru fisika secara keseluruhan memiliki kategori “Sangat baik”. Penilaian siswa tehadap kompetensi sosial guru fisika ini memiliki kategori “Baik”.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kompetensi pedagogik, kompetensi professional, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 12 Mar 2015 06:44 |
Last Modified: | 09 May 2019 01:25 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12809 |
Actions (login required)
View Item |