Pengembangan Rural Tourism dengan Pendekatan SETS untuk Meningkatkan Pemahaman Keterkaitan dan Aplikasi Konsep Pengelolaan Lingkungan Bagi Siswa SMA N 2 Yogyakarta di Desa Wisata Lingkungan Sukunan Sleman

Hayati, Riza Sativa (2014) Pengembangan Rural Tourism dengan Pendekatan SETS untuk Meningkatkan Pemahaman Keterkaitan dan Aplikasi Konsep Pengelolaan Lingkungan Bagi Siswa SMA N 2 Yogyakarta di Desa Wisata Lingkungan Sukunan Sleman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-riza-sativani-hayati-12708251080.swf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) potensi Desa Wisata Lingkungan Sukunan (DWLS) sebagai sumber belajar pengelolaan lingkungan; (2) keterlaksanaan Rural Tourism dengan Pendekatan Science, Environment, Technology, and Society (SETS) materi pengelolaan lingkungan di DWLS; (3) kualitas produk Rural Tourism DWLS dilihat dari komponen kelayakan isi, penyajian, bahasa, dan kegrafisan; serta (4) apakah Rural Tourism dengan Pendekatan SETS di DWLS mampu meningkatkan pemahaman keterkaitan sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat (salingtemas) dan aplikasi konsep pengelolaan lingkungan siswa SMA. Produk yang dikembangkan berupa panduan guru, lembar kerja Rural Tourism, booklet materi, panduan Guide, dan panduan pengelola DWLS. Pengembangan produk Rural Tourism DWLS untuk pembelajaran pengelolaan lingkungan dengan Pendekatan SETS merupakan penelitian dan pengembangan Model ADDIE yang terdiri atas tahap analysis, design, development and production, implementation, dan evaluation. Sebanyak 48 siswa SMA N 2 Yogyakarta, sembilan guru biologi Kabupaten Sleman dan Kota Yogyakarta, delapan Guide, dan dua pengelola DWLS memberikan penilaian terhadap produk. Siswa SMA N 2 Yogyakarta sebagai subjek uji coba luas pada tahap implementation diberikan pretest dan posttest untuk mengetahui pengaruh Rural Tourism berpendekatan SETS di DWLS terhadap hasil belajar aspek kognitif ranah pemahaman keterkaitan salingtemas dan aplikasi konsep pengelolaan lingkungan. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah: (1) DWLS memiliki potensi sebagai sumber belajar pengelolaan lingkungan dan mampu dikembangkan untuk pembelajaran melalui Rural Tourism dengan Pendekatan SETS; (2) keterlaksanaan Rural Tourism dengan Pendekatan SETS pada materi pengelolaan lingkungan di DWLS adalah sangat baik dinilai dari aspek kesesuaian dengan karakteristik edutourism tipe Rural Tourism, kesuaian dengan karakteristik Pendekatan SETS, dan kesesuaian dengan landasan proses pembelajaran pada pendekatan SETS; (3) kualitas panduan guru, lembar kerja Rural Tourism, booklet materi, panduan Guide, dan panduan pengelola DWLS adalah baik dinilai dari komponen kelayakan isi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafisan; (4) Rural Tourism dengan Pendekatan SETS di DWLS mampu meningkatkan pemahaman keterkaitan sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat dan aplikasi konsep pengelolaan lingkungan siswa SMA N 2 Yogyakarta

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Rural Tourism, Pendekatan SETS, aplikasi konsep, pemahaman keterkaitan salingtemas, Desa Wisata Lingkungan Sukunan, pengelolaan lingkungan
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:42
Last Modified: 09 May 2019 01:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12806

Actions (login required)

View Item View Item