Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Model Susan Loucks Horsley Setting Outdoor Activities untuk Penumbuhkembangan Keterampilan Proses Sains dan Karakter Peduli Lingkungan Peserta Didik Kelas X SMAN 6 Yogyakarta

Irianti, Riya (2014) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Model Susan Loucks Horsley Setting Outdoor Activities untuk Penumbuhkembangan Keterampilan Proses Sains dan Karakter Peduli Lingkungan Peserta Didik Kelas X SMAN 6 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-riya-irianti-12708251045.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan perangkat pembelajaran biologi berbasis Model Susan Loucks Horsley setting outdoor activities untuk penumbuhkembangan keterampilan proses sains dan karakter peduli lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) yang dikembangkan oleh Borg&Gall. Penelitian dilaksanakan di SMAN 6 Yogyakarta. Subjek uji validasi empiris pada kelas XI IPA, uji coba terbatas di kelas X2 pada peserta didik kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Uji coba lapangan menggunakan dua kelas yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Kelas X6 sebagai kelas eksperimen yang mendapat perlakukan berupa pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran berbasis model Susan Louck Horsley setting outdoor activities. Kelas X5 sebagai kelas kontrol atau kelas yang tidak mendapat perlakuan. Perangkat pembelajaran diuji secara empiris di lapangan dan berdasarkan experts judgment. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah teknik observasi, angket, dan tes. Teknik observasi dan angket digunakan untuk mengetahui keterampilan proses sains dan kepedulian lingkungan peserta didik. Tes digunakan untuk mengetahui keterampilan proses sains dan kemampuan kognitif peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah konversi skor ke nilai. Kemudian dilanjutkan dengan uji normalitas, uji homogenitas, independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis model Susan Loucks Horsley setting outdoor activities ini memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif dalam menumbuhkembangkan keterampilan proses sains dan karakter peduli lingkungan peserta didik. Kevalidan produk terlihat dari hasil uji validasi yang menyatakan bahwa produk mencapai kriteria sangat valid. Kepraktisan produk terlihat dari hasil pengisian lembar respon peserta didik menunjukkan kriteria sangat praktis untuk handout dan proses pembelajaran serta praktis untuk LKPD; dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan bahwa persentase keterlaksanaan pembelajaran yang berada pada kisaran 91,7% sampai 100%. Keefektifan didukung dengan hasil uji beda antara kelas kontrol dan eksperimen yang menunjukkan adanya perbedaan rata-rata nilai hasil belajar,dan skor angket karakter kepedulian lingkungan yang signifikan antara dua kelas tersebut dengan taraf signifikansi 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, perangkat pembelajaran, keterampilan proses sains, karakter peduli lingkungan
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:42
Last Modified: 09 May 2019 01:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12803

Actions (login required)

View Item View Item