Perbedaan Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif antara Tipe Think Pair Share (TPS) dan Team Assisted Individualization (TAI) terhadap Keterampilan Kerja Sama dan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Wonosari

Situmorang, Risya Pramana (2014) Perbedaan Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif antara Tipe Think Pair Share (TPS) dan Team Assisted Individualization (TAI) terhadap Keterampilan Kerja Sama dan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Wonosari. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-risya-pramana-situmorang-12708251077.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan Team Assisted Individualization (TAI) terhadap: (1) keterampilan kerja sama (2) hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem pernapasan manusia Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Wonosari. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain pretest-postest with nonequivalent group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Wonosari pada semester kedua Tahun Ajaran 2013/2014. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas eksperimen dan 1 kelas kontrol dengan menggunakan teknik cluster random sampling, sehingga didapat tiga kelas sebagai sampel penelitian. Kelompok eksperimen 1 diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS), kelompok eksperimen 2 diberi perlakuan model menggunakan Team Assisted Individualization (TAI), dan kelompok kontrol menggunakan model konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan teknik tes. Teknik observasi digunakan untuk mengetahui keterampilan kerja sama siswa. Aspek keterampilan kerja sama yang diteliti yaitu tahap pembentukan (forming), pengelolaan (functioning), pemahaman (formulating), dan pengembangan (fermenting). Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa pada pokok bahasan sistem pernapasan manusia sebelum dan sesudah perlakuan. Teknik analisis data yang dilakukan adalah uji multivariat (MANOVA), kemudian dilanjutkan dengan uji lanjut (post hoc) dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan Team Assisted Individualization (TAI) terhadap: (1) keterampilan kerja sama (2) hasil belajar kognitif. Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) lebih berpengaruh secara signifikan daripada model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) ) terhadap Keterampilan Kerja Sama dan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Wonosari.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS), model kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI), keterampilan kerja sama, hasil belajar kognitif
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:43
Last Modified: 09 May 2019 01:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12802

Actions (login required)

View Item View Item