Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan STML untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains dan Karakter Peduli Lingkugan Peserta Didik Kelas X MA Wahid Hasyim Yogyakarta

Abdullah, Zuhair (2014) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan STML untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains dan Karakter Peduli Lingkugan Peserta Didik Kelas X MA Wahid Hasyim Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-zuhair-abdullah.pdf

Download (162kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan STML yang layak 2) menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan STML yang efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi sains; serta 3) menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan STML yang efektif untuk meningkatkan karakter peduli lingkungan peserta didik. Perangkat yang dikembangkan meliputi silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), handout, lembar kegiatan peserta didik (LKPD) dan instrumen penilaian berupa tes untuk mengukur kemampuan literasi sains peserta didik, lembar angket untuk mengukur kelayakan produk, karakter peduli lingkungan dan respon peserta didik terhadap pembelajaran, dan lembar observasi untuk memperoleh informasi kebutuhan pada studi pendahuluan dan mengukur keterlaksanaan RPP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan Pendekatan Borg and Gall. Prosedur penelitian ini meliputi: (1) studi pendahuluan; (2) perencanaan; (3) penyusunan draf produk; (4) validasi produk; (5) revisi I; (6) uji coba terbatas; (7) revisi II; (8) uji coba luas; (9) revisi III; (10) produk. Subjek uji coba terbatas yaitu 12 peserta didik kelas X dan uji coba lapangan yaitu 37 peserta didik MA Wahid Hasyim Yogyakarta. Instrumen penelitian yang digunakan pada tahap studi pendahuluan adalah lembar pedoman wawancara dan observasi kelas. Instrumen pada tahap uji coba meliputi, angket untuk validasi produk, untuk mengukur karakter peduli lingkungan (KPL), untuk mengukur respon peserta didik terhadap pembelajaran, lembar observasi untuk mengukur keterlaksanaan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), dan tes untuk mengukur kemampuan literasi sains. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) perangkat pembelajaran yang dihasilkan layak. Kelayakan perangkat pembelajaran dibuktikan dengan rerata skor 4,2 yang masuk ke dalam kriteria sangat baik berdasarkan penilaian oleh dosen ahli, guru, dan teman sejawat. 2) perangkat pembelajaran yang dihasilkan efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi sains. Keefektifan dibuktikan dengan perbedaan gain yang signifikan (p<0,05) antara kelas kontrol dan kelas eksperimen pada uji t dengan nilai p=0,001. 3) perangkat pembelajaran yang dihasilkan efektif untuk meningkatkan karakter peduli lingkungan. Keefektifan dibuktikan dengan perolehan gain skor karakter peduli lingkungan yaitu 0,2 dengan kategori rendah pada kelas kontrol dan 0,45 dengan kategori sedang pada kelas eksperimen

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, perangkat pembelajaran, kemampuan literasi sains, karakter peduli lingkungan
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:42
Last Modified: 22 Mar 2017 07:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12797

Actions (login required)

View Item View Item